PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH (PENGETAHUAN, KEMAMPUAN, SIKAP, DAN KEPERCAYAAN) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN TRANSAKSI MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI KALANGAN TENAGA PENDIDIK SMA DI PROVINSI LAMPUNG

JOKO, PURWANTO (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH (PENGETAHUAN, KEMAMPUAN, SIKAP, DAN KEPERCAYAAN) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN TRANSAKSI MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI KALANGAN TENAGA PENDIDIK SMA DI PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi keuangan syariah dianggap mampu memberikan dampak pada keputusan seseorang menggunakan produk perbankan syariah seperti produk mudharabah. Penggunaan produk tersebut diharapkan mampu menjangkau masyarakat secara luas termasuk pada kalangan pendidik di tingkat sekolah atas (SMA). Tetapi hasil dari pra riset pada beberapa guru SMA di Provinsi Lampung belum memahami, mendapatkan info detail, maupun membaca tentang berbagai akad pada perbankan syariah yang menunjukkan literasi dalam keuangan syariah masih belum maksimal. Bahkan beberapa guru menyatakan tidak memahami tentang mudharabah dan bagaimana sistemnya. Dengan melakukan gerakan literasi keuangan syariah diharapkan masyarakat dapat memperoleh pemahaman mengenai lembaga keuangan syariah serta produk dan jasa keuangan syariah. Dalam meningkatkan literasi keuangan syariah dapat dilakukan dengan terus mengembangkan edukasi atas literasi keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada tenaga pendidik SMA di Provinsi Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan Teknik purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 2023. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Literasi Keuangan Syariah Pengetahuan, Kemampuan, Sikap dan Kepercayaan yaitu terdapat berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan transaksi mudharabah pada perbankan syariah di kalangan tenaga pendidik SMA di provinsi Lampung. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Tenaga Pendidik SMA iv ABSTRACT Sharia financial literacy is considered unable to have an impact on a person's decision to use sharia banking products such as mudharabah products. The use of this product is expected to reach the wider community, including educators at the high school (SMA) level. However, the results of pre-research on several high school teachers in Lampung Province did not understand, get detailed information, or read about various sharia banking contracts, which shows that literacy in sharia finance is still not optimal. Some teachers even stated that they did not understand mudharabah and how the system works. By carrying out a sharia financial literacy movement, it is hoped that the public can gain an understanding of sharia financial institutions and sharia financial products and services. Increasing sharia financial literacy can be done by continuing to develop education on sharia financial literacy. This study uses a quantitative approach. This research was conducted on high school teaching staff in Lampung Province. The sample in this study was 100 respondents. Sampling was carried out using purposive sampling technique. Data processing in this research uses SPSS 2023. The results of this research show that Sharia Financial Literacy Knowledge, Abilities, Attitudes and Beliefs have a positive influence on mudharabah transaction decision making in sharia banking among high school educators in Lampung province. Keywords: Sharia Financial Literacy, High School Educators

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2024 06:27
Last Modified: 02 May 2024 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item