PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN MUDA RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Fegi, Sentiana (2024) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN MUDA RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FEGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar anak usia dini di TK Harapan Muda Rajabasa Bandar Lampung. Permasalahan literasi adalah salah satu masalah yang wajib mendapat perhatian khusus oleh bangsa Indonesia. berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), skor Indonesia pada tahun 2022 adalah 64,48 dari skala 1-100. Angka-angka tersebut tetap menjadi masalah yang sangat memprihatinkan di seluruh negeri dan masih belum memuaskan. Pendidikan anak Usia dini adalah salah satu jenis Pendidikan yang berfokus pada menanamkan dasar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk mewujudkan kualitas pembelajaran, salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah adanya sarana sebagai alat atau media dalam pembelajaran. Media pembelajaran sangat diperlukan di taman kanak karena dalam masa ini anak akan lebih tertarik belajar jika media yang digunakan tidak membosankan Media pembelajaran sangat penting untuk kegiatan pembelajaran karena berfungsi sebagai pembawa informasi dan mencegah hambatan sehingga guru dapat menyampaikan informasi atau pesan yang dapat dipahami oleh siswa. Flashcard merupakan media yang sederhana namun sangat bermanfaat untuk menampilkan gambar dan deskripsinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai penggunaan media flashcard dalam meningkatkan literasi dasar anak usia dini, sedangkan data dokumentasi wawancara, kegiatan pembelajaran dan dokumen TK Harapan Muda. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar anak usia dini di TK Harapan Muda Rajabasa Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini menunjukan penggunaan media flashcard dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yang membantu anak mengembangkan atau meningkatkan banyak perkembangan. Media ini juga membuat anak lebih bersemangat dan termotivasi dalam belajar. Setelah menggunakan media flashcard kemampuan literasi dasar anak mengalami peningakatan. Anak mengalami peningkatan setelah iii menggunakan media flashcard anak lebih memperhatikan guru, mampu menjawab pertanyaan, dan mampu menyebutkan huruf, angka, serta kata yang ada dalam media flashcard, anak menjadi aktif bertanya dan mampu menjawab pertanyaaan, anak dapat menulis huruf-huruf, angka, kata, menulis nama sendiri, dan mampu menulis dengan jelas dan terbaca, anak m sudah mampu menyebut angka 1-20, mengenal angka, dan menentukan jumlah benda yang ada pada gambar media flashcard. Disimpulkan dengan penggunaan media flashcard Kemampuan literasi dasar anak kelas B 1 di TK Harapan Muda berkembang dengan optimal, anak-anak melakukan kegiatan dengan antusias dan bersemangat. Penggunaan media flashcard mampu meningkatkan kemampuan literasi dasar anak. Kata kunci: Anak Usia Dini, Literasi Dasar, Media Flashcard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:00
Last Modified: 08 May 2024 08:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item