PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pengguna Shopee Paylater di Provinsi Lampung)

AULIA, MUTIARA SALMA (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pengguna Shopee Paylater di Provinsi Lampung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL TESIS AULIA MUTIARA SALMA 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini telah mengalami perubahan besar dalam kehidupan manusia, khususnya di bidang teknologi dan informasi. Inovasi di sektor fintech terus berkembang mengikuti gaya hidup masyarakat. Layanan pinjaman online kini tengah booming sebagai alternatif metode pembayaran di beberapa e-commerce, termasuk Shopee. Dengan fitur Shopee PayLater, konsumen dimudahkan berbelanja online di marketplace Shopee meskipun tidak memiliki cukup dana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (Studi pada pengguna Shopee Paylater Di Provinsi Lampung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee Paylater di Provinsi Lampung. Sampel dihitung menggunakan rumus Lemeshow dan didapatkan hasil 384 responden. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan media google form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji tidak langsung didapatkan bahwa kualitas pelayanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee Paylater di Provinsi Lampung yang dimediasi oleh kepercayaan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Shopee Paylater viii ABSTRACT Globalization and current technological developments have experienced major changes in human life, especially in the fields of technology and information. Innovation in the fintech sector continues to develop following people's lifestyles. Online loan services are currently booming as an alternative payment method in several e-commerce sites, including Shopee. With the Shopee PayLater feature, it is easier for consumers to shop online on the Shopee marketplace even if they don't have enough funds. The aim of this research is to determine and analyze the influence of service quality and ease of use on purchasing decisions with trust as an intervening variable (Study of Shopee Paylater users in Lampung Province). This research uses a quantitative approach with an associative type. The population in this study are Shopee Paylater users in Lampung Province. The sample was calculated using the Lameshow formula and the results were 384 respondents. The sampling technique uses accidental sampling. The instrument used was a questionnaire using Google Form media. Data analysis in this research uses SmartPLS. The results of this research show that service quality and ease of use influence purchasing decisions. Meanwhile, the indirect test results showed that service quality and ease of use had a positive and significant effect on purchasing decisions for Shopee Paylater users in Lampung Province, which was mediated by trust. Keywords: Quality of Service, Ease of Use, Trust, Purchase Decision, Shopee Paylater ix انًهخض نمذ شٓذث انؼٕنًت ٔانخطٕساث انخكُٕنٕصٛت انغانٛت حغٛشاث كبٛشة فٙ عٛاة اإلَساٌ، ٔخاطت فٙ يضاالث انخكُٕنٕصٛا ٔانًؼهٕياث. ٚسخًش االبخكاس فٙ لطاع انخكُٕنٕصٛا انًانٛت فٙ انخطٕس ٔفمًا ألًَاط عٛاة انُاط. حضدْش خذياث انمشٔض ػبش اإلَخشَج عانًٛا كطشٚمت دفغ بذٚهت فٙ انؼذٚذ يٍ يٕالغ انخضاسة اإلنكخشَٔٛت، بًا فٙ انخطبٛك. يغ يٛضة Shopee Paylater ،أطبظ يٍ األسٓم ػهٗ انًسخٓهكٍٛ انخسٕق ػبش اإلَخشَج فٙ سٕق Shopee عخٗ نٕ نى ٚكٍ نذٚٓى أيٕال كافٛت. انٓذف يٍ ْزا انبغذ ْٕ حغذٚذ ٔحغهٛم حأرٛش صٕدة انخذيت ٔسٕٓنت االسخخذاو ػهٗ لشاساث انششاء يغ انزمت كًخغٛش حذخهٙ )دساست نًسخخذيٙ Paylater Shopee فٙ يماطؼت اليبَٕش(. ٚسخخذو ْزا انبغذ َٓضا كًٛا يغ َٕع انُمابٙ. انسكاٌ فٙ ْزِ انذساست ْى يسخخذيٙ Paylater Shopee فٙ يماطؼت اليبَٕش. حى عساب انؼُٛت باسخخذاو يؼادنت ً. حسخخذو حمُٛت أخز انؼُٛاث أخز انؼُٛاث Lemeshowٔ كاَج انُخائش 483 يسخضٛبا انؼشضٛت. ٔكاَج األداة انًسخخذيت ػباسة ػٍ اسخبٛاٌ باسخخذاو ٔسائط ًَٕرس Google . حغهٛم انبٛاَاث فٙ ْزا انبغذ ٚسخخذو SmartPLS. حظٓش َخائش ْزا انبغذ أٌ صٕدة انخذيت ٔسٕٓنت االسخخذاو حؤرش ػهٗ لشاساث انششاء. ٔفٙ انٕلج َفسّ، أظٓشث َخائش االخخباس غٛش انًباشش أٌ صٕدة انخذيت ٔسٕٓنت االسخخذاو كاٌ نًٓا حأرٛش إٚضابٙ ٔكبٛش ػهٗ لشاساث انششاء نًسخخذيٙ Shopee Paylater فٙ يماطؼت اليبَٕش، ٔانخٙ حًج بٕساطت انزمت. الكلمات المفتاحية : الخذمة، سهولة االستخذام، الثقة، قرارات الشراء، r جودة Shopee Paylate

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:04
Last Modified: 30 Apr 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33094

Actions (login required)

View Item View Item