KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SUKU JAWA DAN SUKU SEMENDO DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH DI DESA BUMI DIPASENA MAKMUR TULANG BAWANG LAMPUNG

Mia, Dwi Nur Aziza (2024) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SUKU JAWA DAN SUKU SEMENDO DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH DI DESA BUMI DIPASENA MAKMUR TULANG BAWANG LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia memiliki banyak suku, budaya, dan bahasa yang jumlah penduduknya mencapai ratusan juta lebih. Dari jutaan penduduk itulah banyak muncul konflik atau masalah dengan berbagai macam sebabnya, termasuk konflik yang terjadi dalam komunikasi antarbudaya. Dan salah satu usaha melestarikan persatuan dan kesatuan antarbudaya adalah dengan saling mengenal, menyesuaikan, dan memahami antara budaya etnis satu dengan budaya etnis lainnya. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana komunikasi antarbudaya yang terjadi di masyarakat suku Jawa dan suku Semendo dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah di desa Bumi Dipasena Makmur. Dengan tujuan untuk mengetahui proses dan bentuk komunikasi antarbudaya suku Jawa dan suku Semendo dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah di desa Bumi Dipasena Makmur. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Sifat penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu yang meliputi kepala desa, 2 tokoh agama, 5 orang suku Jawa dan 5 orang suku Semendo. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi non partisipan, metode wawancara bebas terpimpin, dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data Milles dan Hubberman. Teknik data ini menempuh tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau veritifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa suku Jawa dan suku Semendo di Desa Bumi Dipasena Makmur menjalani proses komunikasi antarbudaya yang baik yaitu proses komunikasi primer dan sekunder yang di dalamnya melibatkan komponen�komponen proses komunikasi antarbudaya seperti bahasa, persepsi, perilaku non verbal, gaya komunikasi, dan nilai/asumsi yang mana semua komponen tersebut bisa di pahami dan di mengerti bersama oleh mereka. Sebagai sebuah proses, komunikasi antarbudaya di Desa Bumi Dipasena Makmur melalui tahapan transaksional, interaktif serta dinamis. Adapun bentuk komunikasi antarbudaya yang terjadi antara suku Jawa dan suku Semendo di Desa Bumi Dipasena Makmur yakni komunikasi personal dan komunikasi kelompok yang dimana komunikasi kelompok tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu komunikasi kelompok kecil dan komunikasi kelompok besar. Diantaranya kegiatan tersebut ialah, pengembangan UMKM, sparing voly, senam sehat, gotong royong, Pengajian dalam memperingati hari besar Islam, pengajian akbar bulanan, pengajian ibu-ibu mingguan dan forum musyawarah. Dengan ini komunikasi antarbudaya masyarakat suku Jawa dan suku Semendo dalam meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Bumi Dipasena Makmur Tulang Bawang Lampung berjalan dengan baik. Kata Kunci : Komunikasi Antarbudaya, Ukhuwah Islamiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:32
Last Modified: 30 Apr 2024 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33093

Actions (login required)

View Item View Item