FUNGSI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SEKAR TANJUNG UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA PAYUNG BATU KECAMATAN PUBIAN LAMPUNG TENGAH

Etik, Oktavia Agustin (2024) FUNGSI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SEKAR TANJUNG UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA PAYUNG BATU KECAMATAN PUBIAN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] PDF
Download (184kB)
[thumbnail of SKRIPSI ETIK OKTAVIA  full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Tanjung merupakan suatu lembaga yang menjadi wadah perkumpulan wanita tani yang tergabung dalam kesamaan, pemikiran dan kepentingan yang sama. Kelompok wanita tani dianggap memiliki fungsi sebagai organisasi untuk mengembangkan kemampuan perempuan atau pemberdayaan perempuan. Kegiatan pertanian yang melakukan pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah memberikan peluang bagi ibu rumah tangga untuk menambah kegiatan disela-sela kegiatan rutin mengurus rumah tangga dengan ini memiliki kegiatan yang memiliki meringankan kebutuhan keluarga tanpa menghilangkan peran mereka menjadi seorang istri dan ibu dalam keluarga. Dengan adanya fasilitator atau penyuluh yang memberikan pembelajaran dan pemahaman tentang cara bagaimana mengolah hasil dari hasil pertanian agar dapat dijual dan menambah pendapatan keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi kelompok wanita tani sekar tanjung dalam melaksanakan pertanian untuk meningkatkan ekonomi keluarga di desa Payung Batu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan metode yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Untuk menentukan partisipan, menggunakan teknik Purposive sampling dengan populasi 35 orang dan sampel berjumlah 6 orang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bagaimana fungsi Kelompok Wanita Tani Sekar Tanjung benar-benar dapat mengembangkan ibu rumah tangga melalui pertanian yang dilaksanakan. Temuan penulis menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh fasilitator telah dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Kelompok Wanita Tani Sekar Tanjung agar bisa lebih mandiri dalam mengelola pertanian secara mandiri masing�masing anggota. Sehingga masyarakat bisa terus mengembangkan kemampuannya dalam pertanian untuk menambah pengalaman dan menambah pendapatan keluarga melalui hasil pertanian yang mereka tanam. Kata Kunci : Fungsi Lembaga Kelompok Wanita Tani, Meningkatkan Ekonomi Keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:21
Last Modified: 30 Apr 2024 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33092

Actions (login required)

View Item View Item