TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ORANG TUA YANG MEMPERKERJAKAN ANAK (Studi Kasus Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu )

ERNA, PRAYITNO (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ORANG TUA YANG MEMPERKERJAKAN ANAK (Studi Kasus Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ERNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Islam memandang bahwa kehidupan manusia sebagai sebuah proses yang berkelanjutan Kehidupan manusia mulai sejak kelahirannya namun tidak berhenti pada saat kematiannya. Oleh karena itu manusia harus bekerja bukan hanya untuk meraih sukses di dunia ini tapi juga kesuksesan di akhirat. Penelitian ini adalah orang tua yang mempekerjakan anaknya, adapun rumusan masalah pada skripsi ini mengapa orang tua mempekerjakan anaknya, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap orang tua yang mempekerjakan anaknya di Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan kabupaten Pringsewu ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap orang tua yang mempekerjakan anaknyas, dan untuk mengidentifikasi apa saja yang mempengaruhi orang tua mempekerjakan anaknya di Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden yang diperoleh dari buku-buku, kepustakaan, dokumentasi, dan monografi desa. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi orang tua mempekerjakan anaknya di Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu. Faktor pertama adalah kesulitan ekonomi dan ketidak mampuan secara fisik. Faktor yang kedua adalah malas bekerja dan melihat kesuksesan orang lain yang mempekerjakan anaknya sebagai pengemis. Dua faktor inilah yang mempengaruhi orang tua mempekerjakan anaknya sebagai pengemis di Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu.Tinjauan Hukum Islam terhadap orang tua yang mempekerjakan anaknya di Kelurahan Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu. Ada dua kondisi untuk kondisi yang pertama Hukum Makruh, diperbolehkan mengemis karena ada keadaan darurat, dan tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan. Sedangkan kondisi yang kedua, hukum nya haram karena tidak termasuk dalam kondisi darurat, dan masih mampu untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kata kunci: Mempekerjakan, Orang tua, Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:41
Last Modified: 30 Apr 2024 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33088

Actions (login required)

View Item View Item