RETORIKA DAKWAH DALAM ACARA CAHAYA ISLAMI DI YOUTUBE RADAR LAMPUNG TV

EKA, SAFITRI (2024) RETORIKA DAKWAH DALAM ACARA CAHAYA ISLAMI DI YOUTUBE RADAR LAMPUNG TV. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Safitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Youtube dapat menjadi media dakwah dan model dakwah di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media You Tube sebagai media dakwah semakin menjanjikan dan semakin mudah dilakukan, hal tersebut dikatakan bahwa keterkaitan antara media You Tube dengan dakwah adalah kesamaan sasaran, segmentasi yang sama dan kesamaan kebutuhan. Retorika merupakan seni berbicara untuk memersuasi dan memberikan informasi rasional kepada pihak lain. Di tengah banyaknya da‟i yang sama hebatnya, para Da’i di acara cahaya islami mampu memersuasi jutaan mad‟u di media sosial. Padahal, efektivitas komunikasi di media sosial sulit diraih. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti, ―retorika dakwah dalam acara cahaya islami di Radar Lampung TV dalam YouTube Radar TV beserta penerapan ethos (kredibilitas atau etika), pathos (daya tarik emosional), dan logos (imbauan rasional) dalam kajian tersebut. Dakwah pada dasarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam. Berdakwah merupakan aktifitas lisan maupun tulisan yang dilakukan untuk mengajak seseorang ke jalan Allah SWT. Mengingat betapa pentingnya aktifitas dakwah, maka dakwah haruslah dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. Maka dengan ilmu retorika dakwah akan bisa mengajak umat dalam kebaikan. Seperti halnya dakwah yang dilakukan oleh para Da’i dalam acara Cahaya Islami di media sosial youtube melalui dakwahnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori retorika Aristoteles atau dikenal dengan formula segitiga retorika Aristoteles yang didalamnya menjelaskan tiga cara untuk memengaruhi manusia melalui ethos, pathos, dan logos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para Da’i selalu menerapkan formula segitiga retorika Aristoteles. Dengan dukungan dari kredibilitas yang tinggi, mampu menarik emosional dan sisi rasional mad‟u. Kata Kunci: Cahaya Islami,Dakwah,Retorika,Youtube. ABSTRAK YouTube can be a medium for preaching and a model for preaching on YouTube. The results of the research show that the use of You Tube media as a medium for da'wah is increasingly promising and easier to do. It is said that the connection between You Tube media and da'wah is the same target, the same segmentation and the same needs. Rhetoric is the art of speaking to persuade and provide rational information to other parties. In the midst of many da'i who are equally great, the Da'i at the Islamic Light event were able to persuade millions of mad'u on social media. In fact, effective communication on social media is difficult to achieve. Based on these problems, the author is interested in researching, "the rhetoric of preaching in the Islamic light program on Radar Lampung TV on YouTube Radar TV along with the application of ethos (credibility or ethics), pathos (emotional appeal), and logos (rational appeal) in this study. Da'wah is basically an activity carried out by Muslims to spread and broadcast Islam. Da'wah is an oral or written activity carried out to invite someone to the path of Allah SWT. Considering how important da'wah activities are, da'wah must be carried out well and on target. So with the science of rhetoric, da'wah will be able to invite people to goodness. Like the preaching carried out by the Da'i in the Islamic Light program on YouTube social media through their preaching. This research uses a descriptive qualitative research method using Aristotle's rhetorical theory or known as Aristotle's rhetorical triangle formula which explains three ways to influence humans through ethos, pathos and logos. The research results show that Da'i always apply Aristotle's rhetorical triangle formula. With the support of high credibility, it is able to attract the emotional and rational side of mad'u. Keyword : Islamic Light, Da’wah, Rhetoric, Youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:32
Last Modified: 29 Apr 2024 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33085

Actions (login required)

View Item View Item