PERAN GURU PAI DALAM MENGUATKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

MITA, FARERA (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGUATKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Mita Farera.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam penguatan karakter peserta didik di sekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter sesuai dengan syariat islam. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam tersebut menguatkan karkater islami peserta didik yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islam selain menstransfer ilmu Agama juga berperan dalam membentuk karakter yang sesuai dengan syariat islam dan budaya bangsa Indonesia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan karakter Islami peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yag bersifat deskriptif dan teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam peneilitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, dan sumber data sekunder yaitu pesepeserta didik dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang profil sekolah, data guru, peserta didik, dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru telah berperan dalam membentuk karakter Islami peserta didik, yaitu melalui beberapa pendekatan, antar lain yaitu melalui pendekatan pembiasaan, pendekatan tersebut berupa pembiasaan membaca doa sebelum memulai pelajaran, penerapan program 5S. Pendekatan keteladanan, pendekatan tersebut berupa pemberian contoh kepada siswa baik ucapan, kepribadian, maupun perilaku guru. Pendekatan fungsional, dilakukan dengan cara mengaitkan materi pelajaran agama dengan kehidupan nyata yang sering dilakukan oleh peserta didik serta memberikan pemahaman tentang manfaat yang akan didapat dari materi yang telah disampaikan tersebut. Pendekatan nasihat, yaitu melalui pemberian arahan, motivasi dan teguran serta nasihat kepada peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik iii ABSTRACT Islamic Religious Education teachers play an important role in strengthening the character of students at school. Because Islamic Religious Education Teachers are teachers who can educate character in accordance with Islamic law. The role of the Islamic Religious Education Teacher strengthens the Islamic character of students who were previously not good to become good, and those who were previously good to become even better. Thus, Islamic Religious Education Teachers, apart from transferring religious knowledge, also play a role in forming character in accordance with Islamic law and Indonesian culture.The aim of this research is to determine the role of Islamic religious education teachers in strengthening the Islamic character of students at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative field research and data collection techniques in this research use interviews, observation and documentation. The primary data source in this research is the Islamic religious education teacher at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, and the secondary data source is students and the documentation in this research is data about school profiles, teacher data, students, etc. Based on the results of this research, teachers have played a role in shaping students' Islamic character, namely through several approaches, including through the habituation approach, this approach takes the form of getting used to reading prayers before starting lessons, implementing the 5S program. Exemplary approach, this approach takes the form of providing examples to students of the teacher's speech, personality and behavior. The functional approach is carried out by relating religious lesson material to real life which is often used by students and providing an understanding of the benefits that will be obtained from the material that has been presented. Advice approach, namely through providing direction, motivation and warnings and advice to students. Keywords: Role of Islamic Religious Education Teachers, Student Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:47
Last Modified: 26 Apr 2024 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33074

Actions (login required)

View Item View Item