P E N G A R U H B A U R A N P E M A S A R A N TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATA PANTAI LABUHAN JUKUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Pantai Labuhan Jukung Di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat)

Novianti, Dwi Cahyani (2024) P E N G A R U H B A U R A N P E M A S A R A N TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATA PANTAI LABUHAN JUKUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Pantai Labuhan Jukung Di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II DWI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FINAL DWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bauran pemasaran merupakan perangkat peralatan pemasaran yang digunakan untuk mengejar tujuan pemasaran dalam pasar yang ditargetkan. Dasar bauran pemasaran yang meliputi produck, price, place, dan promotion saling berhubungan dan masing- masing elemen didalamnya saling mempengaruhi. Dalam dunia pariwisata, pemahaman tentang bauran pemasaran sangat diperlukan oleh setiap perusahaan. Karena untuk mengelola industri pariwisata dengan baik dan profesionaldiperlukan kajian mendalam diantaranya adalah bahwa wisatawan merupakan sumber dari pendapatan yang harus dilayani dengan baik agar mereka senang dan nyaman sehingga waktu tinggal di suatu daerah wisata akan lebih lama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjung Wisata Pantai Labuhan Jukung Di Kabupaten Pesisir Barat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada pengunjung Pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Dan diperoleh sampel 100 responden yaitu para pengunjung wisata di Pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir barat. Tahap selanjutnya, data kuisioner dianalisis menggunakan regresi linear berganda yang sebelumnya telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasarat analisis, kemudian analisis uji t dan uji F. Hasil uji penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa, produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung wisata, harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung wisata, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisata, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisata, produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisata. Dalam perspektif ekonomi Islam bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, lokasi, promosi terhadap minat kunjung wisata di pantai labuhan jukung sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Kunjung Wisata, Ekonomi Islam iv ABSTRACT The marketing mix is a set of marketing tools used to pursue marketing objectives in a targeted market. The basis of the marketing mix which includes product, price, place, and promotion are interconnected and each element in it influences each other. In the world of tourism, an understanding of the marketing mix is needed by every company. Because to manage the tourism industry properly and professionally requires in-depth studies including that tourists are a source of income that must be served well so that they are happy and comfortable so that their stay in a tourist area will be longer. This study aims to determine the influence of the marketing mix on Interest in Visiting Labuhan Jukung Beach Tourism in Pesisir Barat Regency According to an Islamic Economic Perspective (Study on visitors to Labuhan Jukung Beach, Pesisir Tengah District) This research uses a quantitative approach with the type of associative research. Data was collected through a questionnaire method. The sampling technique used is saturated sampling. And a sample of 100 respondents was obtained, namely tourist visitors at Labuhan Jukung Beach, Central Coast District, West Coast District. In the next stage, the questionnaire data were analyzed using multiple linear regression which had previously fulfilled the validity test, reliability test and analysis prerequisite test, then the t test and F test analysis. The results of the research test using multiple linear regression analysis techniques, show that, product has a negative and insignificant effect on tourist visit interest, price has a negative and insignificant effect on tourist visit interest, location has a positive and negative effect significantly to the interest in visiting tours, promotion has a positive and negative effect significantly to the interest in visiting tours, products, prices, locations and promotions together have a positive and significant effect on the interest in visiting tours. In the perspective of Islamic economics, the marketing mix which includes product, price, location, promotion of interest in visiting tours on the coast of Labuhan Jukung is in accordance with the principles of Islamic economics. Keywords: Marketing Mix, Interest in Visiting Tourism, Islamic Economics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:41
Last Modified: 26 Apr 2024 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33073

Actions (login required)

View Item View Item