PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BRAIN GYM TERHADAP BURNOUT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR

FAATHIKA, SARI (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BRAIN GYM TERHADAP BURNOUT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FAATHIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Burnout belajar adalah keadaan peserta didik yang mengalami kelelahan mental, fisik dan emosi atas tekanan atau tuntutan yang dapat menyebabkan malas, lamban dan bosan sehingga tidak dapat memproses informasi-informasi yang diberikan oleh guru. Konseling kelompok dengan teknik brain gym merupakan pemberian bantuan kepada peserta didik. Dimana brain gym adalah serangkaian latihan gerakan sederhana yang dapat membantu mereduksi burnout belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitiannya adalah one-group pret-test post-test. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik braingym untuk mereduksi burnout belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur. Adapun hasil uji t paired-sample yang dilakukan menggunakan SPSS menujukkan Sig 0,00 < α = 0,05. Serta dilihat dari perbandingan ttabel dan thitung adalah 23,026 > 2,365. Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik brain gym berpengaruh dalam mereduksi burnout belajar yang dialami peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Brain Gym, Burnout Belajar iii ABSTRACT Burnout academic is a state of students who experience mental, physical and emotional fatigue from pressure or demands that can cause laziness, slowness and boredom so that they cannot process the information provided by the teacher. Group counseling with brain gym techniques is providing assistance to students. Where brain gym is a series of simple movement exercises that can help reduce learning burnout in students. This research uses a quantitative approach, while the type of research is one-group pret-test post-test. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling services with braingym techniques to reduce burnout academic of class VIII students at SMP Negeri 1 Punggur. The result of paired-sample t test conducted using SPSS shows Sig 0.00 < α = 0.05. And seen from the comparison of t table and t count is 23.026 > 2.365. So H0 is rejected and Ha is accepted, which means that group counseling services with brain gym techniques have an effect in reducing academic burnout experienced by class VIII students at SMP Negeri 1 Punggur. Keywords : Group Counseling, Brain gym, Academic Burnout

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:37
Last Modified: 25 Apr 2024 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

View Item View Item