IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN DALAM MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN PESANTREN DI ERA EKONOMI DIGITAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning KecamatanTegineneng Kabupaten Pesawaran)

Lutfia, Azhar (2024) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN DALAM MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN PESANTREN DI ERA EKONOMI DIGITAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning KecamatanTegineneng Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUTFIA AZHAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jumlah penduduk Indonesia yang masih menganggur sebagian besar adalah umat Islam. Maka dari itu diperlukan upaya yang sistematis untuk mempersiapkan peran santri dengan bekal keterampilan dan kemandirian hidup. Perkembangan teknologi informasi di era revolusi 4.0 memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor perekonomian Indonesia. Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh pesantren, untuk merubah pola dakwah yang menitikberatkan cara bil lisan menjadi pola dawah bil hal di tengah�tengah masyarakat yang semakin komplek. Tujuan dalam penelitiann ini yaitu untuk mengetahui pemberdayaan koperasi pondok pesantren dalam menciptakan kemandirian santri di era ekonomi digital dan mengetahui pemberdayaan koperasi pondok pesantren dalam menciptakan kemandirian santri menurut perspektif Ekonom Islam. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning dengan teknik analisis data yaitu editing data, organizing data dan analisis data. Hasil penelitian yaitu pemberdayaan koperasi Pondok Pesantren dalam menciptakan kemandirian santri di Era Ekonomi Digital melalui unit usaha seperti unit usaha santri roti, Greenhouse melon sultan, kedai bang kiting, toko serba ada (toserba) dan usaha sablon (AP Project) . Dengan usaha tersebut pondok berperan mengedukasi santri dalam hal ini memberikan pendampingan, dan pelatihan. Pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren Al-Hidayat sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam yang dalam operasionalnya unit-unit usaha tersebut telah menggunakan akad-akad Ekonomi Islam dan memenuhi syarat jual beli dalam syariah. Kata Kunci : Implementasi Pondok Pesantren, Pemberdayaan Ekonomi Santri iv ABSTRACT The majority of Indonesia's population who are still unemployed are Muslims. Therefore, systematic efforts are needed to prepare students for the role of students with life skills and independence. The development of information technology in the 4.0 revolution era has had a significant impact on the Indonesian economic sector. This is a challenge that must be faced by Islamic boarding schools, to change the pattern of da'wah which emphasizes verbal bil method to become a dawah bil hal pattern in the midst of an increasingly complex society. The aim of this research is to determine the empowerment of Islamic boarding school cooperatives in creating independence for students in the digital economy era and to determine the empowerment of Islamic boarding school cooperatives in creating independence for Islamic boarding school students according to the perspective of an Islamic economist. This research was conducted at the Al-Hidayat Gerning Islamic Boarding School. This research uses field research with qualitative descriptive methods. The data needed in this research is primary data and secondary data. Primary data was obtained from interviews and observations, while secondary data was obtained through Al-Hidayat Gerning Islamic Boarding School documents using data analysis techniques, namely data editing, data organizing and data analysis. The results of the research are the empowerment of Islamic Boarding School cooperatives in creating independence for students in the Digital Economy Era through business units such as the bread students business unit,Greenhouse melon sultan, bang kiting shop, convenience store (toberba) and screen printing business (APProject). With this effort, the boarding school plays a role in educating students, in this case providing assistance and training. Economic empowerment at the Al-Hidayat Islamic boarding school is in accordance with the Islamic Economic perspective, where in its operations the business units have used Islamic Economic contracts and fulfilled the buying and selling requirements in sharia. Keywords: Implementation of Islamic Boarding Schools, Empowerment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:41
Last Modified: 25 Apr 2024 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item View Item