IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TRI BHAKTI AT-TAQWA LAMPUNG TIMUR

TANTI, ARSITA (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TRI BHAKTI AT-TAQWA LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TANTI ARSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan lingkungan saat ini banyak menyita perhatian masyarakat. Masalah lingkungan tidak hanya disebabkan oleh orang dewasa, tetapi remaja saat ini pun turut menyebabkan kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan yang saat ini sedang marak diberitakan media yakni mengenai perilaku remaja yang sering merusak taman bunga. Permasalahan lingkungan yang banyak terjadi disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami alam. Masyarakat memandang bahwa manusia sebagai pusat dari alam semesta yang mempunyai nilai dan berharga pada dirinya sendiri, sementara alam dan isinya hanya sebagai sarana untuk memenuhi kepentingan manusia. Kesalahan cara pandang ini melahirkan perilaku yang salah terhadap lingkungan. Paradigma yang membawa masyarakat untuk mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Karakter peduli lingkungan merupakan sikap manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungannya untuk mencegah rusaknya alam sekitarnya dan bertindak untuk selalu berusaha memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Karakter peduli lingkungan dapat ditanamkan sejak dini pada diri anak, berdasarkan nilai keagamaan yang diajarkan di dalam keluarga diharapkan mampu menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada setiap diri anak sejak dini. Berdasarkan uraian di atas pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Implementasi Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa Lampung Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimaa proses penerapan nilai-nilai karakter peduli lingkungan peserta didik di Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas sosial dan mengamati permasalahan secara iii sistematis dan akurat mengenai fakta dan objek tertentu. Pengumpulan datanya mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data ferifikasi, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Implementasi Nilai�Nilai Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa Lampung Timur, sudah diterapkan dilihat dari indikator peduli lingkungan seperti Menjaga kelestarian tanaman sekitar, Tidak mengambil, menebang atau mencabut tumbuhan sekitar sekolah., mencoret-coret, menorehkan tulisan pada batu-batu, jalan atau dinding di jalan disekolah, Tidak membuang sampah sembarangan, Tidak membakar sampah di area sekolah, Melaksanakan kegiatan membersihkan sekolah, Tidak menimbun barang-barang bekas di sekolah, Rajin membersihkan sampah-sampah yang menyumbat di saluran air. Dan program Green house serta tanggal 6 bersih secara berkala telah terlaksana dengan baik oleh peserta didik maupun warga lingkungan sekolah. Kata kunci : Nilai-Nilai Karakter, Peduli Lingkungan, Peserta Didik. iv ABSTRACT Environmental problems currently attract a lot of public attention. Environmental problems are not only caused by adults, but today's teenagers are also causing environmental damage. Environmental damage that is currently being widely reported in the media concerns the behavior of teenagers who often destroy flower gardens. Environmental problems that often occur are caused by a lack of public awareness in understanding nature. Society views humans as the center of the universe which has value and is valuable in itself, while nature and its contents are only a means to fulfill human interests. This wrong perspective gives birth to wrong behavior towards the environment. A paradigm that leads society to overexploit natural resources without paying attention to environmental sustainability. The character of caring for the environment is a human attitude in preserving the environment in everyday life by showing a caring attitude towards the environment to prevent damage to the natural surroundings and acting to always try to repair natural damage that has occurred. The character of caring for the environment can be instilled in children from an early age, based on the religious values taught in the family, it is hoped that it will be able to foster the character of caring for the environment in each child from an early age. Based on the description above, the main problem in this research is the implementation of students' environmental care character values at Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa, East Lampung. The aim of this research is to find out how the process of implementing the environmental care character values of students at Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa East Lampung. This research uses a qualitative descriptive method, which aims to describe and analyze phenomena, events, social activities and observe problems systematically and accurately regarding certain facts and objects. Data collection uses observation, interviews and v documentation. The data analysis used is data reduction, presentation of verified data, and drawing conclusions. The results of this research state that the implementation of the Environmental Care Character Values of Students at Madrasah Aliyah Tri Bhakti At-Taqwa East Lampung, has been implemented in terms of indicators of environmental care such as preserving surrounding plants, not taking, cutting down or uprooting plants around the school, crossing out - scribble, write on rocks, roads or walls on the road at school, Don't throw rubbish carelessly, Don't burn rubbish in the school area, Carry out school cleaning activities, Don't hoard used items at school, Diligently clean up rubbish that clogs in the water channel. And the Green house program and regular clean 6th have been carried out well by students and residents of the school environment. Keywords: Character Values, Caring For The Environment, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:32
Last Modified: 25 Apr 2024 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33064

Actions (login required)

View Item View Item