IMPLEMENTASI LAYANAN KHUSUS UKS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 WAY KANAN

Nurul, Avia (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KHUSUS UKS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL AVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan khusus di sekolah ditetapkan dan diorganisasikan untuk mempermudah atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa di sekolah. Layanan khusus harus dikelola secara baik dan benar sehingga dapat membantu memperlancar proses pembelajaran di sekolah. Faktor lain yang mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah ialah lingkungan sekolah yang sehat. Lingkungan sekolah yang sehat yaitu lingkungan yang bersih, aman, nyaman, tentram serta memenuhi syarat/kriteria kesehatan yang berlaku. Untuk itu diperlukan suatu layanan kesehatan di sekolah guna mendukung terciptanya manusia yang sehat dengan cara menanamkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari hari, khususnya bagi peserta didik di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan pada pra survey di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan Diduga layanan UKS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan belum memiliki program kerja yang terorganisasi dengan baik. Madrasah tersebut belum mempunyai dugaan�dugaan permasalahan yang mungkin saja akan terjadi dimasa yang akan datang. Sehingga sekolah tersebut hanya menjalankan dan menyelesaikan permasalahan�permasalahan yang terjadi pada saat itu. Setiap satu bulan satu kali kepala madrasah rutin melaksanakan evaluasi yang mana kegiatan tersebut meliputi penyampaian laporan dari struktur organisasi yang bertanggung jawab dalam bidangnya. Pada layanan UKS koordinator bertanggung jawab untuk melaporkan ketersediaan obat, jumlah siswa yang membutuhkan pelayanan UKS, laporan vaksinasi, dll. Namun, selama adanya pandemi covid 19 pengawasan tersebut tidak lagi dilakukan mengingat semua kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring yang berimbas pada berhentinya kegiatan pelayanan UKS di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan khusus uks di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini mengambil latar belakang Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan sebagai tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari informan yaitu Kepala Madrasah, Guru dan Koordinator UKS mengenai implementasi layanan khusus UKS, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini merupakan data yang mendukung data primer yang berkenaan dengan gambaran umum lokasi penelitian yang terdiri dari letak geografis Madrasah, Visi dan Misi Madrasah dan profil Madrasah. Semua data tersebut merupakan data yang akan digunakan untuk mendeskripsikan implementasi layanan khusus UKS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelayanan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan belum terlaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tidak terlaksanakanannya penyuluhan dan pengawasan terhadap kantin sekolah selain itu pemeriksaan penjaringan kesehatan sudah tidak dilaksanakan sejak pandemi COVID-19. Sedangkan pelaksanaan pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat sudah terlaksana dengan baik melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara mandiri atau bekerjasama dengan pihak puskesmas setempat. Kata Kunci: Layanan Khusus, Usaha Kesehatan Sekolah(UKS) iii ABSTARCT Special services at schools are determined and organized to facilitate or expedite learning, and to meet the special needs of students at school. Special services must be managed properly and correctly so that they can help facilitate the learning process at school. Another factor that influences the learning process at school is a healthy school environment. A healthy school environment is an environment that is clean, safe, comfortable, peaceful and meets applicable health requirements/criteria. For this reason, health services are needed in schools to support the creation of healthy humans by instilling healthy lifestyle patterns in daily life, especially for students in the school environment. Based on the results of interviews and observations conducted by researchers during a pre-survey at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan, it is suspected that the UKS service at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan does not yet have a well-organized work program. The madrasah does not yet have any suspected problems that might occur in the future. So the school only runs and resolves the problems that occur at that time. Once every month, the head of the madrasah routinely carries out an evaluation, which includes submitting a report from the organizational structure responsible for its field. In the UKS service, the coordinator is responsible for reporting the availability of medicines, the number of students who need UKS services, vaccination reports, etc. However, during the Covid-19 pandemic, this supervision was no longer carried out considering that all teaching and learning activities were carried out online, which resulted in the cessation of UKS service activities at the school. The aim of this research is to determine the implementation of special UKS services at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan. The type of research used in this research is field research using a qualitative approach which produces descriptive data. This research takes the background of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan as the research site. This research uses observation, interview and documentation data collection techniques. Primary data was obtained directly from informants, namely the Head of the Madrasah, Teachers and UKS Coordinator regarding the implementation of special UKS services, while the secondary data in this research is data that supports the primary data regarding the general description of the research location which consists of the geographical location of the Madrasah, Vision and Mission of the Madrasah and Madrasa profile. All of this data is data that will be used to describe the implementation of special UKS services at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan. The results of the research show that health services at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Way Kanan have not been implemented well. This can be seen from the failure to carry out counseling and supervision of school canteens, in addition to the fact that health screening examinations have not been carried out since the COVID-19 pandemic. Meanwhile, the implementation of health education and fostering a healthy school environment has been carried out well through outreach activities carried out independently or in collaboration with local health centers. Keywords : Special Services, School Health Business (UKS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:11
Last Modified: 25 Apr 2024 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item