PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

WIKE, ANINDHITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIKE ANINDHITA 1911050429.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik guna menunjang proses belajar dan menyelesaikan berbagai masalah matematis. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis masih rendah. Hal ini dilihat dari tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan oleh peneliti bahwa peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebanyak 75 peserta didik sedangkan hanya 27 peserta didik yang sudah memenuhi KKM dari 102 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian factorial . Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah Relasi dan Fungsi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analysis of Covariance (One-Way Ancova) dengan taraf signifikan 5% memperoleh hasil (1) sehingga ditolak dan diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan mengontrol disposisi matematis. (2) sehingga ditolak dan diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. (3) sehingga ditolak dan diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan menggunakan model pembelajaran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. iv Kata Kunci: Model Pembelajaran Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis v ABSTRACT Mathematical problem solving ability is an ability that students must have to support the learning process and solve various mathematical problems. Based on pre-research carried out at SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, it appears that mathematical problem solving abilities are still low. This can be seen from the problem solving ability test given by the researcher that 75 students scored below the KKM, while only 27 students met the KKM out of 102 students. This research aims to determine the influence of the Hypothetical Learning Trajectory (HLT) learning model and mathematical disposition on students' mathematical problem solving abilities. This research is a type of Quasi Experimental Design research with a 1×2 factorial research design. The sample in this research was class VIII students at SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo. The sampling technique used was cluster random sampling. The material used in this research is Relations and Functions. The instruments used to collect data are mathematical problem solving ability tests and mathematical disposition questionnaires. Hypothesis testing in this study used Analysis of Covariance (One-Way Ancova) with a significance level of 5% to obtain results (1) so that was rejected and was accepted with the conclusion that there was an influence of the Hypothetical Learning learning model Trajectory (HLT) on mathematical problem solving abilities by controlling mathematical disposition. (2) so that is rejected and is accepted with the conclusion that there is an influence of the mathematical disposition covariate variable on students' mathematical problem solving abilities. (3) so that is rejected and is accepted with the conclusion that there is a simultaneous influence of using the Hypothetical Learning Trajectory (HLT) learning model and mathematical disposition on students' mathematical problem solving abilities. vi Keywords: Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Learning Model, Mathematical Disposition, Mathematical Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:44
Last Modified: 24 Apr 2024 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33054

Actions (login required)

View Item View Item