HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI MTS MATHLAUL ANWAR CINTAMULYA

SYAHRUL, GUNAWAN (2024) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI MTS MATHLAUL ANWAR CINTAMULYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Self Regulated Learning atau kemandirian belajar merupakan kombinasi keterampilan belajar akademik dan pengendalian diri yang membuat pembelajaran terasa lebih mudah, sehingga para peserta didik lebih termotivasi. Self confidence atau kepercayaan diri adalah suatu sikap yakin akan kemampuan diri sendiri sebagai pribadi yang utuh dengan mengacu pada konsep diri. Pemecahan masalah matematis merupakan suatu proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dilihat sebagai proses pembelajaran untuk menemukan perpaduan diantara rumusan masalah, konsep atau aturan yang sudah dipelajari untuk memperoleh cara pemecahan dalam situasi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan self regulated learning dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis secara langsung. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan uji analisis SEM. Populasi penelitian ini adalah peserta didik MTs Mathlaul Anwar Cintamulya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 -VIII 6 MTs Mathlaul Anwar Cintamulya. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian menggunakan 5 kelas dengan materi Pola Bilangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket self regulated learning dan self confidence serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dalam penelitian ini kesimpulan (1) terdapat hubungan signifikan antara self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) terdapat hubungan signifikan antara self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) terdapat hubungan signifikan antara self regulated learning terhadap self confidence. (4) terdapat terdapat hubungan signifikan antara self regulated learning melalui self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Self Regulated Learning, Self Confidence, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:34
Last Modified: 24 Apr 2024 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33050

Actions (login required)

View Item View Item