UPAYA MENANAMKAN NILAI NILAI MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN MIFTAHURROHMAH KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT

RIZKON, JAYA (2024) UPAYA MENANAMKAN NILAI NILAI MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN MIFTAHURROHMAH KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKON JAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Moderasi beragama merupakan kunci terpeliharanya toleransi dan kerukunan, baik tingkat lokal, nasional maupun global. Menolak ekstremisme dan liberalisme dalam beragama adalah kunci keseimbangan, demi terpeliharanya peradaban dan terciptanya perdamaian. Dengan cara inilah masing-masing umat beragama dapat saling menghormati, menerima perbedaan, serta hidup bersama dalam damai dan harmoni. Penelitian ini dilakukan karena makin menyebarluasnya paham-paham dan aliran yang beredar dikalangan pelajar serta mahasiswa yang ditandai munculnya kelompok�kelompok yang menyalahkan kelompok lainya yang tidak sejalan dengannya. Pondok Pesantren Miftahurrohmah Pesisir barat lampung merupakan lembaga pendidikan Islam non formal yang mampu membentengi para pelajar dan mahasiswa agar terhindar dari paham tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan Pondok Pesantren dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Miftahurrohmah kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sehingga memperoleh data yang kemudian dapat diolah, di analisis dan memperoleh suatu kesimpulan Dari hasil analisis peneliti maka diperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Miftahurrohamah Pesisir Barat Lampung telah melaksanakan upaya penananman nilai-nilai moderasi beragama dengan cara Memberikan pendalaman pengetahuan agama, selektif terhadap tenaga pengajar, Kerjasama dengan pihak lain, penanaman komitmen kebangsaan, Tabligh akbar, akomodatif terhadap tradisi lokal., dimana semuanya memiliki tujuan agar tumbuh sikap tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), tasamuh (toleransi), dan I’tidal (adil) Hal ini sesuai dengan hasil observasi peneliti terkait sikap para santri di pondok pesantren al hikmah telah mencerminkan dan mengamalkan nilai pendidikan Islam moderat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghargai pendapat orang lain, peduli terhadap lingkungan, tolong menolong dan lain sebagainya. Kata kunci : Moderasi beragama, Pondok Pesantren iii ABSTRACT Religious moderation is the key to maintaining tolerance and harmony, both at local, national, and global levels. Rejecting extremism and liberalism in religion is the key to balance, for the maintenance of civilization and the creation of peace. In this way, each religious community can respect each other, accept differences, and live together in peace and harmony. This research was carried out because of the increasing spread of ideologies and currents circulating among pupils and students, which was marked by the emergence of groups that blamed other groups that were not in line with them. The Miftahurrohmah Pesisir Barat Lampung Islamic Boarding School is a non-formal Islamic educational institution that can protect students from this ideology. This research aims to determine the efforts made by the Islamic Boarding School in instilling the values of religious moderation at the Miftahurrohmah Islamic Boarding School, Pesisir Tengah sub-district, Pesisir Barat Regency. This research is field research that uses a qualitative approach using observation, interviews, and documentation methods as data collection tools. To obtain data that can then be processed, analyzed, and reached a conclusion From the results of the researcher's analysis, it was concluded that the Miftahurrohamah Pesisir Barat Lampung Islamic Boarding School had implemented efforts to instill the values of religious moderation by providing deepening of religious knowledge, being selective in teaching staff, collaborating with other parties, instilling national commitment, Tabligh Akbar, accommodating to tradition. local., where everything has the aim of growing attitudes of tawasuth (moderate), tawazun (balanced), tasamuh (tolerance), and I'tidal (fair). and practice the values of moderate Islamic education in everyday life. Such as respecting other people's opinions, caring about the environment, helping each other, and so on. Keywords: Religious moderation, Islamic boarding school

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:53
Last Modified: 23 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33047

Actions (login required)

View Item View Item