PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUMIRATU NUBAN LAMPUNG TENGAH

RETNO, SUSANTI (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUMIRATU NUBAN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 RETNO.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK  RETNO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar merupakan suatu hal yang dapat ditingkatkan untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Kurangnya motivasi belajar akan berpengaruh terhadap proses belajar sehingga tidak mampu untuk mencapai tujuan belajar secara optimal. Dalam penelitian ini untuk menangani permasalahan tersebut peneliti menggunkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Pendekatan realitas adalah pendekatan yang berfokus pada perilaku klien saat ini sehingga klien dapat menilai sendiri apakah perilakunya tepat atau tidak tepat agar klien bisa merencanakan kembali tindakan�tindakan yang lebih bertanggungjawab dan melaksanakan tindakan�tindakan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan realitasterhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan jenis one-grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok pendekatan realitas terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Kata Kunci : Konseling Kelompok Pendekatan Realitas, Motivasi Belajar. ABSTRACT Learning motivation is something that can be improved to achieve the desired learning goals. Lack of learning motivation will affect the learning process so that it is unable to achieve optimal learning goals. In this study, to deal with these problems, researchers used group counseling services with a reality approach. The reality approach is an approach that focuses on the client's current behavior so that the client can judge for himself whether his behavior is appropriate or inappropriate so that the client can re-plan more responsible actions and carry out these actions. The purpose of this study was to determine the effect of reality approach group counseling to increase the learning motivation of class VIII students at SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah. The type of research used is a pre-experimental design with the type of one-group pretest-posttest design . The sample used in this study was 5 class VIII students at SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah So it can be concluded that there is the influence of group counseling with the reality approach to increase the learning motivation of class VIII students at SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Keywords : Reality Approach Group Counseling, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:20
Last Modified: 25 Apr 2024 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item