PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

MAYANG, WULAN RAMADANI (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MAYANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan sarana dan prasarana sangat penting dilakukan di MAN 2 Bandar Lampung kepala madrasah sudah menerapkan manajemen sarana dan prasarana sesuai dengan indikatornya. Akan tetapi faktanya terdapat kendala dalam proses pengadaannya banyak gedung-gedung yang harus direnovasi namun akibat dana yang tidak mencukupi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam manajemen sarana dan prasana di MAN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu jenis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, dan Waka Sarana dan Prasarana dan objek pada penelitian ini yaitu Peran Kepala Madrasah Dalam Manajemen Sarana dan Prasarana di MAN 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: peran kepala madrasah di MAN 2 Bandar Lampung sebagai manager dalam mengelola sarana dan prasarana, yaitu dengan melakukan rapat terlebih dahulu dalam penyusunan perencanaan sarana dan prasarana yang akan digunakan dengan cara melakukan analisis materi dan perlengkapan sarana dan prasarana, menampung semua masukan dari berbagai pihak, menyusun kebutuhan dan rencana pengadaan sarana dan prasarana dalam kurun waktu tertentu, mencari dana dan penetapan rencana. Proses pengadaan dilakukan dengan cara menetapkan kebutuhan penetapan apa saja yang sangat diperlukan dan penetapan untuk skala prioritas dengan menggunakan anggaran yang tersedia dan dengan membeli perlengkapan sendiri dengan dana yang tersedia dapat hibah dari berbagai pihak lain, menerima iventarisasi. Iventarisasi dengan melakukan pencatatan, memberi kode, membuat laporan. Penyimpanan sudah menyediakan tempatnya dan dalam iv prosesnya pun harus sesuai dengan SOP. Pemeliharaan yang dilakukan di madrasah di lakukan 1 tahun sekali dan membuat tim pemeliharaan sarana dan prasarana. Dalam penghapusan jika barang tersebut dari Negara maka harus membuat laporan penghapusan dulu ke dinas pendidikan dan harus sesuai prosedur yang ada. Selanjutnya pengawasan sarana dan prasarana di lakukan agar dapat berjalan dengan semestinya dan memudahkan untuk bahan evaluasi. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Manajemen Sarana dan Prasarana v ABSTRACT Management of facilities and infrastructure is crucial in MAN 2 Bandar Lampung. The headmaster has implemented facility and infrastructure management according to its indicators. However, there are challenges in the procurement process due to insufficient funds. This research aims to investigate the role of the headmaster in facility and infrastructure management at MAN 2 Bandar Lampung. The research method employed is qualitative descriptive, utilizing field research. The subjects include the Headmaster, Administrative Head, and Deputy Head of Facilities and Infrastructure. The object of this study is the Role of the Headmaster in Facility and Infrastructure Management at MAN 2 Bandar Lampung. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. Data analysis involves data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data validity is ensured through triangulation techniques involving observation, interviews, and documentation. The results indicate that the headmaster's role at MAN 2 Bandar Lampung is as a manager in managing facilities and infrastructure. This includes convening meetings for planning, analyzing materials and equipment, gathering input, drafting procurement plans, seeking funding, and executing procurement processes. The procurement process involves determining essential needs and prioritizing them based on available budgets, utilizing available funds and external grants, and conducting inventory. Maintenance occurs annually, managed by a dedicated team, with proper disposal procedures followed for government property. Supervision ensures proper functioning and serves as a basis for evaluation. Keywords: Role of Headmaster, Management of Facilities and Infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:57
Last Modified: 22 Apr 2024 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33034

Actions (login required)

View Item View Item