PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA‟ARIF KEPUTRAN PRINGSEWU

M Alfian, Hifdi Maula (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA‟ARIF KEPUTRAN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALFIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Project Based Learning adalah sebuah model pembelajaran yang inovatif, dan lebih menekankan pada belajar kontekstual melalui kegiatan- kegiatan yang kompleks.4 Selain itu, model pembelajaran ini di desain agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah autentik termasuk pendalaman suatu materi pelajaran, dan melaksanakan tugas bermakna. Mendorong siswa untuk bekerja secara mandiri membangun pembelajaran, dan menghasilkan produk atau karya nyata. . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi, yaitu dengan pencarian data dengan interpretasi yang tepat, mempelajari masalah-masalah siswa yang mempengaruhi minat belajar, cara penggunaan project based learning dalam pelajaran fiqih untuk meingkatkan minat belajar siswa, serta situasi-situasi tertentu termasuk cara guru mengatasi iswa yang kurang berminat dalam pembelajaran , kegiatan-kegiatan pembalajaran, sikap-sikap, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Penerapan model pembelajaran project based learning di MA Maarif keputran pringsewu pada pembelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar diawali dengan pembuatan RPP, mengecek kehadiran, pengumpulan tugas hingga evaluasi pembelajaran, dalam model pembelajaran ini guru mata pelajaran fiqih benar-benar memperhatikan respon siswa dalam setiap materi yang diberikan pada saat pelajaran berlangsung, apakah respon siswa baik atau tidak, jika respon siswa baik maka dalam keadaan kelas akan ramai dan setiap siswa mampu berinteraksi dengan aktif dalam setiap diskusi dan jika tidak begitu direspon dengan baik maka tugas guru mata pelajaran harus membuat kelas hidup dan menjelaskan kembali bagaimana langkah langkah yang harus dilakukan dalam diskusi dan membuat topik menjadi mudah di pahami siswa, setiap tugas dikerjakan oleh peserta didik secara individu ataupun kelompok sesuai dengan materi dan batas waktu yang telah ditentukan setelah itu siswa diwajibkan untuk mempresentasikan hasil kerja atau diskusinya kemudian guru melakukan evaluasi yang sudah dilakukan siswa dalam pembelajaran project based learning. Kata kunci : fiqih, evaluasi, model pembelajaran iv ABSTRACT Project Based Learning is an innovative learning model, and places more emphasis on contextual learning through complex activities. Apart from that, this learning model is designed so that students can investigate authentic problems, including deepening study material, and carrying out meaningful tasks. Encourage students to work independently to build learning and produce real products or works. . In this research the researcher used a qualitative descriptive approach. Research using a descriptive qualitative approach, namely by searching for data with appropriate interpretation, studying student problems that influence interest in learning, how to use project based learning in fiqh lessons to increase student interest in learning, as well as certain situations including how teachers deal with students. who are less interested in learning, learning activities, attitudes, as well as ongoing processes and the influences of a phenomenon. Based on research conducted by implementing the project based learning model at MA Maarif Keputran Pringsewu in fiqh learning in increasing interest in learning starting with making lesson plans, checking attendance, collecting assignments and evaluating learning, in this learning model the fiqh subject teacher really pays attention to student responses in each material given during the lesson, whether the student's response is good or not, if the student's response is good then the class will be busy and each student will be able to interact actively in every discussion and if they do not respond well then the task of the subject teacher must be make the class lively and explain again the steps that must be taken in the discussion and make the topic easy for students to understand, each task is carried out by students individually or in groups according to the material and the time limit that has been determined after that students are required to present the results of their work or discussion, then the teacher evaluates what the students have done in project based learning. Keywords: fiqh, evaluation, learning model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:07
Last Modified: 04 Apr 2024 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33022

Actions (login required)

View Item View Item