TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFĪŻIYYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 18 UNDANG UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2009 TENTANG KEPEMUDAAN TERHADAP PERAN PEMUDA (Studi di Desa Gunung Agung Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur)

REZA, ADITYA (2024) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFĪŻIYYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 18 UNDANG UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2009 TENTANG KEPEMUDAAN TERHADAP PERAN PEMUDA (Studi di Desa Gunung Agung Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRISPI REZA ADITYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada tahun 2009 pemerintah mengeluarkan Undang Undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, Beberapa masalah Kepemudaan yang ada di Desa Gunung Agung. yang pertama kurang nya kesadaran dari pemuda itu sendiri yaitu masih banyak yang malas dan acuh pada pembangunan desa nya sendiri, yang kedua kurangnya perhatian dari ,Pemerintah Daerah, Organisasi Kemasyarakatan dan Pelaku Usaha di Desa Gunung Agung yang seolah abai terhadap pemuda itu sendiri. berdasarkan beberapa masalah di atas, dijelaskan dalam Pasal 18 Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 Tentang Kepemudaan bahwa “Dalam rangka pelaksanaan peran aktif pemuda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 dan Pasal 17, Pemerintah, pemerintah daerah, badan hukum, organisasi kemasyarakatan, dan pelaku usaha memberi peluang, fasilitas, dan bimbingan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”. Maka penjelasan pasal diata bahwa bagaimana belum sesuainya implementasi dari pasal tersebut yang terjadi di Desa Gunung Agung. hal ini mendorong penulis untuk ingin mengidentifikasi dan melihat lebih jauh lagi bagaimana Implementasi dari Pasal 18 Undang Undang Nomor 40 Tahun 2009 di jalan kan di Desa Gunung Agung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), Penelitian ini bersifat deskripsi analitis yaitu suatu subjek pemikiran untuk menggambarkan Peran Pemuda dalam Pasal 18 Undang Undang Nomer 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Teknik pengumpulan data didapat dari data primer yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data skunder yang ada kaitannya dengan masalah penelitian ini dan diperoleh dari studi kepustakaan baik dari buku, jurnal, dan literatul lainnya yang berkaitan dengan permasalahan ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa implementasi dari Pasal 18 Undang Undang Nomer 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan yang terjadi di Desa Gunung Agung masih belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan beberapa faktor yaitu iv kurangnya informasi tentang dasar hukum undang undang kepemudaan, lalu juga kurang nya koordinasi atau kerja sama yang baik dari Pemerintah Desa, Organisasi kemasyarakatan dan Pelaku Usaha dengan pemuda, serta tidak aktif nya Karang Taruna yang mana sebagai wadah generasi muda dalam menyampaikan ide, gagasan, aspirasi maupun kreatifitasnya dan juga masih belum sesuainya pelaksanaan Siyāsah Tanfīżiyyah (pelaksanaan undang-undang), yang mana Pemerintah Desa, Organisasi Masyarakat, dan Pelaku Usaha memberikan peluang, fasilitas, dan bimbingan kepada pemuda sesuai dengan peraturan perundang – undangan. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Implementasi, Kepemudaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33017

Actions (login required)

View Item View Item