TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN RUMAH KOS (Studi Di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu)

Taris, Nanda Wahyudi (2023) TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN RUMAH KOS (Studi Di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TARIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Di Kabupaten Pringsewu terdapat beberapa warga yang memiliki usaha rumah kos sebagai pekerjaan sampingan. Dalam mendirikan usaha tersebut tidaklah mudah terdapat peraturan yang menjadi patokan agar usaha tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang telah di buat. Seperti pada contohnya pemilik usaha rumah kos harus memiliki kualitas kamar yang layak, air yang bersih dan mudah, tempat parkir yang aman, serta pemilik kos harus melapor ke kepala Desa atau RT setempat identitas dari penyewa kos dan masih banyak lagi. Namun masih terdapat beberapa pemilik kos yang belum sepenuhnya menerapkan seluruh poin dalam Perda tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana Implementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 2 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan rumah kos di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dan Bagaimana Tinjauan Fikih Siyasah Terhadap Impementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 2 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan rumah kos Di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 2 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan rumah kos di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dan untuk mengetahui Tinjauan Fikih siyasah terhadap Implementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 2 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan rumah kos di Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi,dan obeservasi dengan sampel penelitian berjumlah 10 orang 5 pemilik kos, 2 warga desa, dan 3 penyewa kos. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan pemilik rumah kos sudah melaksanakan peraturan tersebut,namun belum sepenuhnya poin-poin dari peraturan tersebut dilaksanakan. Dalam setiap kosan pasti terdapat poin yang tbelum terpenuhi. Beberapa usaha rumah kos tersebut masih kurang sopan karena masih ada kos yang mencampurkan antara laki-laki dan perempuan dalam iv satulingkungan . Mereka menempati kamar yang berbeda namun dalam satu lingkungan, karena di takutkan terjadi hal yang tidak di inginkan yang dapat memicu terjadinya zina.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:32
Last Modified: 03 Apr 2024 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33009

Actions (login required)

View Item View Item