PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah UIN Raden Intan Lampung)

Mohamad, Agil Syirod (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Mohamad Agil Syirod_Revisi Pak Ali bab 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi_Mohamad Agil Syirod_Revisi Pak Ali full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pembayaran non-tunai adalah cara menyelesaikan transaksi pembayaran menggunakan kartu atau aplikasi berbasis pembayaran elektronik tanpa menggunakan uang secara langsung. Banyak masyarakat, terutama kaum milenial, menyukai transaksi non�tunai karena dianggap praktis, efisien, mudah, serta mengandung promo dan keuntungan tertentu terlebih saat ini dengan bersaingnya para penerbit uang elektronik, jasa start up ataupun marketplace termasuk shopee. Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan seorang individu menggunakan suatu teknologi yakni persepsi mafaat (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use). Adanya kemudahan dan manfaat yang didapatkan dari sistem pembayaran non tunai shopee juga dapat menjadikan seseorang menjadi berperilaku konsumtif. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh persepsi kemudahan dan manfaat terhadap sistem pembayaran non tunai shopee. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Objek penelitian yang diteliti adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung yang berjumlah. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yang diambil sebagai sampel dengan teknik purposive sampling dengan ukuran menggunakan rumus Slovin. Kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial Persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadapsistem pembayaran non tunai shopee, Sedangkan secara simultan persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap sistem pembayaran non tunai shopee. Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Sistem Pembayaran Non Tunai, Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:41
Last Modified: 03 Apr 2024 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33007

Actions (login required)

View Item View Item