PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KLS X IPA I DI SMA N 1 AMBARAWA PERINGSEWU

HABIB, AQIL FADLI (2024) PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KLS X IPA I DI SMA N 1 AMBARAWA PERINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HABIB AQIL FADLI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah hasil penelitian yang menggambarkan bagaimana penggunaan media internet ini dalam pembelajaran pendidikan agama islam peserta didik di SMA N I Ambarwa Peringsewu. Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Kehadiran internet ini yang memberikan banyak kemudahan dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik untuk lebih bersemangat dalam pembelajaran, internet sebagai media baru memberikan banyak peranan yang lebih terhadap peserta didik dalam mencari segala informasi yang berkaitan dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang melatar belakangi penulis untuk membuat skripsi ini di dasari pada pegamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan guru dan siswa di SMA N I Ambarawa Peringsewu. Dimana penggunaan media internet ini dalam pembelajaran PAI dirasa masih belum maksimal dalam pembelajaran, dimana masih ada siswa-siswi yang bermalasan saat belajar dan mengantuk pada jam pembelajaran berlangsung. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi. populasi dalam penelitian ini yaitu para peserta didik SMA N 1 Ambarawa Peringsewu kelas X IPA I dan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 30 orang dengan menggunakan Teknik random sampling. Hasil Penelitian ini menunjukan Penggunaan media internet pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N I Ambaraw Peringsewu telah dilaksanakan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, Google, You-tube dan G Classroom. Penggunan media internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan yang positif terhadap minat belajar bagi peserta didik. Dapat disimpulkan penggunaan internet ini dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik, hal tersebut bisa dilihat dari siswa yang menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, antusias, mendengarkan penjelasan guru dan tidak menunda- nunda tugas yang guru berikan. Tetapi dalam penerapannya masi ada beberapa kendala seperti jarigan yang iv suwaktunya masih belum bijak dalam menggunakan internet ini dalam pembelajaran. Akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan baik oleh guru dengan tidak bosan memberika arahan dan nasehat, serta memberikan solusi di setiap yang terjadi. Kata Kunci : Media Internet, Minat Belajar dan Pendidikan Agama Islam v ABSTRACT This research is the result of research that describes how the internet media is used in learning Islamic religious education for students at SMA N I Ambarwa Peringsewu. Education is one form of manifestation of human culture that is dynamic and full of development. The presence of the internet provides many conveniences in fostering students' interest in learning to be more enthusiastic in learning. The internet as a new media provides many more roles for students in searching for all information related to Islamic Religious Education lessons. The author's background for writing this thesis is based on observations and initial interviews that the author conducted with teachers and students at SMA N I Ambarawa Peringsewu. It is felt that the use of internet media in PAI learning is still not optimal in learning, where there are still students who are lazy when studying and sleepy during learning hours. This research uses descriptive qualitative methods with data collection methods, namely Observation, Interviews, Documentation. The population in this study were students of SMA N 1 Ambarawa Peringsewu class X Science I and the sample in this study was 30 people using random sampling technique. The results of this research show that the use of internet media in Islamic Religious Education learning at SMA N I Ambaraw Peringsewu has been carried out as optimally as possible by utilizing WhatsApp, Google, YouTube and G Classroom applications. The use of internet media in learning Islamic Religious Education has a positive influence on students' interest in learning. It can be concluded that the use of the internet in learning is able to increase students' interest in learning, this can be seen from students who become more active in learning, enthusiastic, listen to the teacher's explanations and do not delay the assignments the teacher gives. However, in its application there are still several obstacles, such as networks that sometimes are not yet wise in using the internet for learning. However, teachers can overcome this problem well by not getting bored of giving directions and advice, as well as providing solutions for everything that happens. vi Keywords: Internet Media, Interest in Learning and Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:53
Last Modified: 03 Apr 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item