PENERAPAN MUHASABAH AN-NAFS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARANPAI DI SMA N 2 KALIANDA

Nadhifa, Arufah Chafshah (2024) PENERAPAN MUHASABAH AN-NAFS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARANPAI DI SMA N 2 KALIANDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Nadhifa Arufah Chafshah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Sifat malas, kurangnya gairah maupun motivasi ketika belajar, disebabkan tanpa adanya kesadaran dalam diri untuk belajar sehigga perlu memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dalam penelitian ini Muhasabah diri merupakan cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi intrinsik. Dengan muhasabah diharapkan dapat memotivasi belajar siswa dan para siswa dapat melakukan autokritik terhadap perbuatan-perbuatan yang sudah dilakukannya sehingga ada perbaikan kedepannya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan muhasabah an-Nafs sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn pendidikan agama islam di SMAN 2 Kalianda?, 2) Bagaimana penerapan muhasabah an-Nafs sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn pendidikan agama islam di SMAN 2 Kalianda? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research yaitu penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan Muhasabah Diri sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Kalianda yaitu dalam pelaksanaannya muhasabah ini dikatakan berhasil karena dapat menimbulkan respon positif kepada siswa yakni memberikan dorongan untuk lebih giat dalam belajar dan siswa menjadi lebih berkonsentrasi dan fokus dalam iv mengikuti pembelajaran didalam kelas. 2) Penerapan muhasabah an�Nafs sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn pendidikan agama islam di SMAN 2 Kalianda yaitu siswa mampu memahami dibalik materi ajar yang diterima dalam kehidupan sehai-hari, membiasakan siswa untuk berakhlak dan berpikir positif dan dalam pelaksanaanya ditemukan hambatan yaitu pada waktu, pada evaluasi ini terkadang waktunya terpotong untuk penyempaian materi sehingga muhasabah setelah pembelajaran ini tidak bisa diterapkan sepenuhnya. Kata Kunci : Motivasi Belajar v ABSTRACT This research was motivated by the low motivation of students in the subjects of Islamic religious education and ethics. Lazyness, lack of passion and motivation when learning, caused without awareness in themselves to learn so it is necessary to provide learning motivation to students. In this study, self-muhasabah is a way that can be used to cultivate intrinsic motivation. With muhasabah is expected to motivate student learning and students can autocriticize the actions they have done so that there will be improvements in the future. The focus of this research is: 1) How is the application of muhasabah an-Nafs before conducting learning activities in increasing student motivation in Islamic religious education subjects at SMAN 2 Kalianda?, 2) How is the application of muhasabah an-Nafs after conducting learning activities in increasing student motivation in Islamic religious education subjects at SMAN 2 Kalianda? This research uses a qualitative approach While the type of research used is Field Research, namely field research with data collection techniques using observation, interviews and documentaries. The data analysis used in this study used the Miles and Huberman model which consisted of data collection, data condensation, data presentation, and conclusions. The validity of the data is tested using source triangulation and triangulation techniques. The results and conclusions of this study are: 1) The application of Self-Muhasabah before carrying out learning activities in increasing student motivation in Islamic religious education subjects at SMAN 2 Kalianda, namely in its implementation this muhasabah is said to be successful because it can cause a positive response to students, namely providing encouragement to be more active in learning and students become more concentrated and focused in following learning in class. 2) The application of muhasabah an�Nafs after carrying out learning activities in increasing student motivation in the subjects of Islamic religious education at SMAN 2 Kalianda, namely students are able to understand behind the teaching material received in everyday life, accustom students to morality and vi positive thinking and in its implementation obstacles are found, namely at time, in this evaluation sometimes the time is cut off for material delivery so that muhasabah after this learning is not fully workable. Keywords: Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:43
Last Modified: 02 Apr 2024 08:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32999

Actions (login required)

View Item View Item