MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI KEGIATAN MARKET DAY PADA ANAK KELOMPOK B DI TK IT AL-FAYYADH JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

ASELA, SEPTIA (2024) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI KEGIATAN MARKET DAY PADA ANAK KELOMPOK B DI TK IT AL-FAYYADH JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  ASELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Rendahnya kecerdasan interpersonal ditandai dengan anak yang merasa kesulitan berkomunikasi dengan guru maupun teman sebaya, masih sering menyendiri,,tidak mau bergaul ,serta nampak jelas pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Market Day ialah kegiatan belajar Entrepreneur, anak-anak dibimbing caranya mempromosikan suatu produk pada temannya, pendidik, maupun untuk orang luar, aktivitas tersebut umumnya dilakukan bazar atau pasar yang dilaksanakan di sekolah, Market Day dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak dan membentuk kecerdasan berbisnis anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan market day pada anak kelompok B di TK IT Al�fayyadh Jatiagung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B2 TK IT Al-Fayyadh Jatiagung Lampung Selatan yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan indikator pencapaian sebesar 80 % dalam kategori anak berkembang sangat baik(BSB). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kecerdasan interpersonal anak berkembang sangat baik, dapat dilihat dari penelitian mulai dari pra penelitian menunjukkan bahwa terdapat 1 anak dengan persentase 6,6% (BSB), kemudian peneliti melakukan penelitian dengan siklus pertama yang menghasilkan sebanyak 4 anak dengan persentase 26,7%(BSB), kemudian peneliti melakukan refleksi dan di lanjutkan pada siklus kedua dengan hasil sebayak 13 anak dari 15 anak di kelas B2 dengan persentase 86,6 % (BSB). Sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan karena sudah mencapai kriteria keberhasilan dengan penilaian anak berbekembang sangat baik (BSB). Maka dari itu, kegiatan market day dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK IT Al-fayyadh Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan. Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal, market day iv ABSTRACT Interpersonal intelligence is the ability a person has to communicate with other people. Low interpersonal intelligence is characterized by children who find it difficult to communicate with teachers and peers, are often alone, do not want to socialize, and are clearly visible in learning activities carried out in groups. Market Day is an Entrepreneurial learning activity, children are guided on how to promote a product to their friends, educators, or to outsiders, this activity is generally carried out at bazaars or markets held at schools, Market Day can foster a sense of self-confidence, improve children's communication skills and form children's business acumen. This research aims to improve interpersonal intelligence through market day activities for group B children at the Al-fayyadh IT Kindergarten, Jatiagung, South Lampung. This research uses the Classroom Action Research method. The subjects of this research were 15 students in class B2 of TK IT Al�Fayyadh Jatiagung, South Lampung. The research used 2 cycles with an achievement indicator of 80% in the category of very well developed children (BSB). The results of the research show that children's interpersonal intelligence skills are developing very well, it can be seen from the research starting from the pre-research showing that there was 1 child with a percentage of 6.6% (BSB), then the researchers conducted research with the first cycle which produced 4 children with a percentage of 26 .7% (BSB), then the researcher reflected and continued in the second cycle with results of 13 children out of 15 children in class B2 with a percentage of 86.6% (BSB). So this research was not continued because it had reached the success criteria with the assessment of children developing very well (BSB). Therefore, market day activities can improve children's interpersonal intelligence at Al-fayyadh IT Kindergarten, Jatiagung District, South Lampung.. Keywords: Interpersonal Intelligence, market day

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:12
Last Modified: 02 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32996

Actions (login required)

View Item View Item