UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN (KECERDASAN MAJEMUK) PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Tri, Sukma Ningsih (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN (KECERDASAN MAJEMUK) PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI SUKMA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Didalam dunia pendidikan guru memegang peranan penting dalam membantu peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan yang mereka miliki. jika guru mampu menggali dan mengarahkan anak didiknya sesuai dengan kecerdasan maka tentu saja keberhasilan akan sangat besar diperoleh terkhusus dalam kecerdasan majemuknya. Upaya guru juga sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan majemuk melalui kecerdasan interpersonal dan intrapersonal peserta didik. Oleh karena itu Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan majemuk peserta didik di SMK Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat, untuk mengetahui bagaimana upaya guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan majemuk peserta didik di SMK Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas sosial dan mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan objek tertentu. Pengumpulan datanya mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data ferifikasi, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan majemuk peserta didik di SMK Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat sudah sangat baik. Terlihat bagaimana upaya guru sebagai motivaror yaitu guru harus bersikap terbuka, Guru Membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal salah satu upaya nya menyuruh peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakukuler,dan organisasi sekolah, selain itu Menciptakan hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar di kelas dengan pengelolaan kelas yang baik. Dan upaya guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan majemuk (interpersonal dan intrapersonal ) yaitu Guru menyediakan perangkat pembelajaran, Penggunaan Strategi dan Metode yang dapat Menunjang Pengembangan Kecerdasan Interpersonal seperti diskusi, tutor sebaya, demonstrasi, tugas kelompok dan tanya jawab, sedangkan upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal nya adalah dengan hafalan, penugasan indifidu,pemecahan masalah dan Memberikan jeda kepada peserta didik untuk memahami kembali materi yang di pelajari. Kata Kunci: Upaya Guru, Kecerdasan Majemuk, Peserta Didik iii ABSTRACT In the world of education, teachers play an important role in helping students improve their intelligence. If teachers are able to explore and direct their students according to their intelligence, then of course they will achieve enormous success, especially in their multiple intelligences. Teachers' efforts are also very important in increasing multiple intelligences through students' interpersonal and intrapersonal intelligence. Therefore, the aim of this research is to find out how the teacher's efforts as a motivator are in increasing the multiple intelligence of students at SMK Negeri 1 Kebun Tebu West Lampung, to find out how the teacher's efforts as a facilitator are in increasing the multiple intelligence of students at SMK Negeri 1 Kebun Tebu West Lampung. This research uses a qualitative descriptive method, which aims to describe and analyze phenomena, events, social activities and observe problems systematically and accurately regarding certain facts and objects. Data collection uses observation, interviews and documentation. The data analysis used is data reduction, presentation of verified data, and drawing conclusions. The results of this research show that the teacher's efforts to increase the multiple intelligence of students at SMK Negeri 1 Kebun Tebu West Lampung have been very good. It can be seen how the teacher's efforts as a motivator are that the teacher must be open, the teacher helps students to be able to understand and utilize the potential that exists in them optimally. One of the efforts is to encourage students to take part in extracurricular activities and school organizations, in addition to creating harmonious and full relationships. enthusiasm in teaching and learning interactions in the classroom with good classroom management. And the teacher's efforts as a facilitator in increasing multiple intelligences (interpersonal and intrapersonal), namely the teacher provides learning tools, the use of strategies and methods that can support the development of interpersonal intelligence such as discussions, peer tutoring, demonstrations, group assignments and questions and answers, while the teacher's efforts in increasing intelligence The intrapersonal approach is by rote memorization, individual assignments, problem solving and providing breaks for students to re-understand the material being studied. Key Words: Teacher Effort, Multiple Intelligences, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:56
Last Modified: 02 Apr 2024 08:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item View Item