MANAJEMEN KINERJA GURU DI MTs DARUL ULUM BATURAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

RISKA, AYU LESTARI (2024) MANAJEMEN KINERJA GURU DI MTs DARUL ULUM BATURAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang Manajemen Kinerja Guru Di MTs Darul Ulum Baturaja. Kajiannya dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya dunia pendidikan sehingga perlu adanya peningkatan profesionalisme guru prosesnya terstruktur, maka digunakan fungsi manajemen kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kinerja guru baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kinerja guru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Guru MTs Darul Ulum Baturaja Kabupaten Lampung Utara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan menggunakan dan menggabungkan sumber yang telah ada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Perencanaan kinerja guru yang kepala madrasah mengadakan rapat tahunan di awal ajaran baru dan akhir ajaran, mengadakan pelatihan minimal enam bulan sekali, dan membuat peraturan untuk guru, 2) Pelaksanaan kinerja guru kepala madrasah mewajibkan guru untuk mengumpulkan perangkat pembelajaran, dan 3) Evaluasi program kinerja guru dilakukan tiga bulan sekali terlebih dahulu dievaluasi oleh para pimpinan lalu dirapatkan dengan seluruh guru. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa iii dalam perencanaan kinerja guru kepala madrasah harus membuat program kerja,melakukan manajemen kinerja guru dan sampai pada tahap evaluasi kinerja guru, dengan hal itu dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar. Kata Kunci : Manajemen Kinerja Guru iv ABSTRACT This thesis discusses Teacher Performance Management at MTs Darul Ulum Baturaja. The study is motivated by the increasing world of education so that there is a need to increase the professionalism of teachers, the process is structured, so the performance management function is used. This research aims to determine teacher performance management in terms of planning, implementation and evaluation of teacher performance. The research methodology used is to use qualitative descriptive analysis, namely data analysis that emphasizes meaning, reasoning, definitions of a particular situation (in a particular context) and describing what it is about the behavior of the object being studied. The objects of this research were the school principal, Deputy Head of Curriculum, and Teachers at MTs Darul Ulum Baturaja, North Lampung Regency. The data collection tools used were observation, interviews and documentation methods. Meanwhile, testing the validity of the data in this research uses source triangulation by using and combining existing sources. Data analysis techniques in this research use data reduction, data presentation, data verification and drawing conclusions. This research revealed three findings, namely: 1) Teacher performance planning where madrasah heads hold annual meetings at the beginning of a new school and at the end of a new school, hold training at least once every six months, and make regulations for teachers, 2) Implementation of teacher performance by madrasah heads requires teachers to collect learning tools, and 3) Evaluation of the teacher performance program is carried out once every three months, first evaluated by the leaders and then held in a meeting with all teachers. From the explanation above, it can be concluded that in planning the performance of madrasa head teachers, they must create a v work program, carry out teacher performance management and reach the teacher performance evaluation stage, this can improve teacher performance in teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:44
Last Modified: 02 Apr 2024 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item