BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SD IT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

DEA, TASYA AMELIA (2024) BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SD IT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DEA TASYA 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEA TASYA FULL REAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran yaitu rencana kegiatan pemasaran yang diringkas secara terstruktur dan berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan variabel-variabel pemasaran seperti identifikasi pasar, segmentasi pasar, positioning pasar, dan unsur-unsur bauran pemasaran. Menurut Zeithaml dan Bitner, konsep bauran pemasaran tradisional mencakup 4P, yang meliputi: Produk (produk), harga (price), lokasi (website) dan promosi (promotio). Kemudian, pemasaran jasa pendidikan membutuhkan bauran pemasaran yang lebih luas yang mencakup bauran pemasaran non-tradisional, antara lain: Orang (persons), bukti fisik (physical facilities) dan proses (process). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana Penerapan Bauran Pemasaran Terdiri dari 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Phsycal evidence, dan Process di SD IT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di SD IT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, sekolah ini dijadikan sebagai sumber informasi data untuk mendapatkan gambaran, jawaban, dan hasil dari bauran pemasaran pendidikan dalam menarik minat masyarakat di SD IT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Produk Untuk menentukan sebuah produk sekolah melakukan evaluasi dan rapat tahunan terhadap program sekolah yang dijalankan. 2) Harga merupakan biaya yang dikeluarkan selama menjalani pendidikan. Perumusan harga dilakukan dengan melakukan musyawarah kepada orang tua siswa. 3) Lokasi sekolah sangat strategis untuk menunjang pembelajaran peserta didik. 4) Promosi penting dilakukan oleh setiap instansi pendidikan untuk membujuk, mengingatkan, memberitahu, dan tingkah laku baik kepada pelanggan. 5) SDM kepala sekolah dan iii guru melakukan pelatihan guna meningkatkan kinerja dalam pembelajaran. 6) Bukti Fisik Hal ini dapat membuat proses belajar mengajar menjadi nyaman dikarenakan fasilitas yang memadai dan siswa tidak mudah bosan didalam kelas. 7) Proses pembelajaran sangat memengaruhi pemasaran pendidikan, jika proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien maka akan menimbulkan daya tarik pelanggan. Kata Kunci : Bauran Pemasaran Pendidikan, Masyarakat iv ABSTRACK Marketing strategy is a marketing activity plan that is summarized in a structured manner and functions as a guide for implementing marketing variables such as market identification, market segmentation, market positioning, and marketing mix elements. According to Zeithaml and Bitner, the traditional marketing mix concept includes 4Ps, which include: Product, price, location (website) and promotion. Then, marketing educational services requires a broader marketing mix which includes non-traditional marketing mixes, including: People, physical facilities and processes. This research is intended to answer the problem: How to Implement the Marketing Mix Consisting of 7Ps: Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, and Process at SD IT Fitrah Insani Kecepatan Bandar Lampung. These problems were discussed through research carried out at SD IT Fitrah Insani Kecepatan Bandar Lampung, this school was used as a source of data information to get an overview, answers and results of the educational marketing mix in attracting public interest at SD IT Fitrah Insani Kecepatan Bandar Lampung. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The research results show that: 1) Product To determine a product, schools carry out evaluations and annual meetings on the school programs being implemented. 2) Price is the costs incurred during education. Prices are formulated by consulting the students' parents. 3) The school location is very strategic to support student learning. 4) Important promotions are carried out by every educational institution to persuade, remind, inform and behave well with customers. 5) School principals and teachers conduct training to improve performance in learning. 6) Physical Evidence This can make the teaching and learning process comfortable because the facilities are adequate and students do not get bored easily in class. 7) The learning process greatly influences educational marketing, if the v learning process runs effectively and efficiently it will attract customers. Keyword : Marketing Mix Education, Society

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:33
Last Modified: 02 Apr 2024 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32990

Actions (login required)

View Item View Item