KOMPETENSI PENDIDIK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA.

REGILITA, RAMA DANTI (2024) KOMPETENSI PENDIDIK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of THESIS REGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidik disekolah adalah seseorang yang bertugas untuk melaksanakan pendidikan. Oleh sebab itu kedudukan seorang pendidik dituntut untuk memenuhi beberapa kompetensi guna mempermudah pendidik dalam proses pendidikan. Kompetensi yang dimiliki seorang pendidik mencakup kemampuan intelektual, sikap, dan emosional. Namun, terdapat beberapa kasus yang terjadi yang menunjukkan kurangnya kompetensi pendidik dalam mengelola emosionalnya, salah satunya terjadi di kupang, nusa tanggara timur. Seorang pendidik ditetapkan menjadi tersangka dikarenakan menganiaya peserta didiknya hingga meninggal dunia. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik tidak membawa salinan modul dan tidak dapat memperkenalkan diri dalam Bahasa inggris.hal ini menunjukkan kurangnya kompetensi pendidik dalam mengelola emosionalnya dan kompetensi pendidik dalam bersosialisasi terhadap peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ingin mengupas kembali mengenai kompetensi seorang pendidik. Imam Al-Ghazali adalah salah satu ulama yang memiliki kiprah yang luas dalam pendidikan. Imam Al-Ghazali adalah ulama yang memiliki pendapat tajam, kedalaman dan kebijaksanaan berfikir serta pandangan yang jauh mengenai masalah-masalah pengajaran serta problem-problem lain yang berkaitan dengannya. Dari Kitab karangannya yaitu kitab Ihya‘ Ulumiddin dan Minhajul Muta‘allim, dengan demikian dapat dipahami tentang pentingnya konsep-konsep yang diberikan Imam Al-Ghazali dalam membahas tentang konsep pendidik, yang meliputi definisi, kedudukan, profesionalisme/kompetensi dan sifat-sifat seorang pendidik. yang kemudian dikaitkan Relevansinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Karena Pendidikan Islam Kontemporer merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terencana dan sistematis untuk mengembangkan potensi peserta didik berdasarkan pada kaidah kaidah Agama Islam yang disesuaikan pada masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menelaah berbagai literature yeng berkaitan dengan Kompetensi Pendidik Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer. dengan menggunakan teknik analisis isi atau konten dalam mengolah data primer dan sekunder yang menjadi acuan penelitian ini maka ditemukan beberapa Kompetensi Pendidik Perspektif Imam Al-Ghazali sebagai hasil dari penelitian. Adapun kompetensi yang dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya‘ Ulumiddin adalah a) Pendidik mengetahui kadar kepahaman/ kemampuan peserta didik; b) Pendidik menempatkan peserta didik pada tingkatan yang sesuai;c) Pendidik meneladani Rsulullah Saw dalam mengajar; d) Pendidik memberikan contoh yang baik melalui tindakan; e) Pendidik tidak memburuk-burukkan ilmu diluar kemampuannya; f) Pendidik menegur peserta didik dengan menggunakan metode yang baik; g) Pendidik menggunakan meteri pembelajaran yang sesuai dengan tahapan peserta didik adapun Kompetensi pendidik yang Imam Al-Ghazali tulis Kitab Minhajul Muta‘allim : a) Pendidik memilih redaksi yang tepat dalam menyampaikan pembelajaran; b) Pendidik mengawali pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik; c)Pendidik memiliki kepribadian yang baik; d) Pendidik menjauhi sifat Thoma‘ (berharap) kepada makhluk; e) Pendidik menjaga peserta didik yang baru mulai belajar; f)Pendidik bersabar ketika peserta didik tidak paham; g)Pendidik menguasai materi/pelajaran yang diajarkan Dan v kemudian ditemukan keselarasan Antara pemikiran Imam Al-Ghazali dengan Pendidikan Islam Kontemporer Penelitian ini merupakan upaya dalam peningkatan kompetensi pendidik sehingga dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan dan peningkatan konsep kompetensi pendidik yang dapat memperluas wawasan mengenai konsep pendidik dan kompetensi pendidik dalam pendidikan. Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Imam Al-Ghazali, Pendidikan Islam Komtemporer.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:41
Last Modified: 02 Apr 2024 09:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32989

Actions (login required)

View Item View Item