TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGELOLAAN POTENSI PARIWISATA (Studi di Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung)

PIRNA, PIRNA MELIZA AZIZ (2024) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGELOLAAN POTENSI PARIWISATA (Studi di Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI PIRNA MELIZA AZIZ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Bandar Lampung mempunyai banyak tempat wisata yang sangat potensial jika dikembangkan dengan baik, dan sudah berjalan selama ini ada 5 pariwisata yang dikontrol pemerintah kota Bandar Lampung yaitu Wisata Air Terjun Batu Putu, Taman Wisata Sumur Putri, Taman Wisata Agro Park Kemiling, Taman Hutan Kera, Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno yang ada di kota Bandar Lampung. Dari keseluruhan pariwisata yang ada di kota Bandar Lampung itu merupakan pendapatan asli daerah (PAD) kota Bandar Lampung. Pemerintah (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) saat ini dalam tahap pelaksanaan program pengembangan obyek wisata yang ada di kota Bandar Lampung. Pelaksanaan program tersebut sangat dimaksimalkan, ini merupakan suatu langkah maju untuk meningkatkan pariwisata di kota Bandar Lampung dan bisa mendukung semua program pariwisata khususnya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana peran dan kontribusi pemerintah dalam meningkatkan pengelolaan potensi wisata alam di kota Bandar Lampung?. 2). Bagaimana tinjauan fiqh Siyāsah tentang peran pemerintah kota dalam pengelolaan potensi wisata alam di kota Bandar Lampung?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari lokasi atau lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi adapun analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yaitu metode yang bertujuan mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini. Hasil dari penelitian ini, menyimpulkan bahwa Dinas Pariwisata sudah berperan dalam pengelolaan potensi pariwisata di kota Bandar Lampung tetapi belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari keadaan sarana dan prasarana wisata di berbagai tempat objek wisata yang belum lengkap dan tidak terawat. Dalam perspektif Fiqh Siyāsah tentang peran pemerintah kota Bandar Lampung dalam iv pengelolaan potensi wisata alam di kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan kaidah-kaidah hukum Islam dan sudah sesuai dengan fiqh siyāsah tanfīżįyyah. Islam memperbolehkan untuk mengelola potensi wisata alam asal sesuai dengan syariat dan ketentuan Islam serta untuk memberikan kesadaran kepada makhluknya yang diberi amanat sebagai Khalifah agar dapat mengetahui kebenaran dan kebesaran serta kemahakuasaan-nya Allah SWT. Kata Kunci: Tinjauan Fiqh Siyāsah, Peran Pemerintah Kota Bandar Lampung Pengelolaan Potensi Wisata, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Ke Pariwisataan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:07
Last Modified: 02 Apr 2024 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32986

Actions (login required)

View Item View Item