TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFĪŻIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi di Desa Pekurun Utara Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara)

JUWITA, YANTI (2024) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TANFĪŻIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi di Desa Pekurun Utara Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi Juwita Yanti Revisi Munaqosah FIKS22 (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan yang menjadi salah satu isu terhambatnya pembangunan. Kemiskinan menjadi masalah sentral yang harus segera ditanggulangi dalam upaya mewujudkan tujuan nasional sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan Udang-undang Dasar 1945. Masyarakat di Desa Pekurun Utara Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara ditemukan bahwa masyarakat memiliki berbagai jenis mata pencarian yang membuat masyarakatnya disebut miskin.Maka dalam, Penelitian ini,penulis menentukan rumusan masalah yakni bagaimana implementasi Peraturan Mentri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyāsah Tanfīżiyyah terhadap implementasi Peraturan Mentri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan di Desa Pekurun Utara Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara. Jenis Penelitian ini adalah (field research),sifat penelitian deskriptif. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Fiqh Siyāsah Tanfīżiyyah Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi yang kemudian datanya dianalisis secara kualitatif. Adapun data primer diperoleh langsung dari 2 orang Perangkat desa Pekurun Utara, 9 Orang dari RT/RW Setempat, 10 Orang Masyarakat penerima Program Keluarga Harapan dan 10 Orang tidak menerima haknya Program Keluarga Harapan Hasil Penelitian Ini adalah Didalam Program Keluarga Harapan Berdasarkan Peraturan Mentri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Program Keluarga Harapan Ini sudah sesuai dengan ketentuan Permensos, akan tetapi masih ada pemberian bantuan sosial kepada Masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,maka dapat dikatakan penerima Program Keluarga Harapan kurang berhasil atau kurang tepat sasaran. Implementasi PKH di desa Pekurun Utara banyak kecurangan yang seharusnya berhak mendapatkan tetapi tidak mendapatkan haknya. penerima PKH tidak tepat sasaran. Tinjauan Fiqh Siyasah dalam Peraturan Mentri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 pemberian Program Keluarga Harapan belum sesuai dengan tujuan Fiqh Siyāsah Tanfīżiyyah untuk memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan warga negara Indonesia. Kata Kunci: Fiqh Siyāsah Tanfīżiyyah, Program Keluarga Harapan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:02
Last Modified: 02 Apr 2024 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32985

Actions (login required)

View Item View Item