STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Faalih, Qowiy (2024) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Faalih Qowiy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam era modern ini untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting bagi manusia. Dengan membentuk kesadaran akan perbedaan tentunya akan sangat penting dalam membentuk suatu generasi yang berkualitas. Sekolah, sebagai lembaga pendidikan formal, memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai dan sikap siswa. SMK Negeri 2 Bandar Lampung sebagai institusi pendidikan formal harus memainkan peran yang signifikan dalam membentuk pandangan siswa tentang agama, toleransi, dan kerukunan antaragama. Tujuan dari Penelitian ini untuk Mengetahui Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama untuk Menumbuhkan Sikap Toleranasi dan Faktor-faktor Pendukung dan Penghambatnya di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat naratif dari sumber primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif menggunakan, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion and verification). Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana Strategi Penanaman Nilai�Nilai Moderasi Beragama, Faktor pendukung dan penghambat untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di SMK Negeri 2 memperlihatkan beberapa strategi diantaranya melalui beberapa cara yaitu : melaui materi pembelajaran agama yang mengandung nilai-nilai moderasi dalam lingkup Toleransi, Melalui Progam Kurikulum Sekolah Dalam kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Progam 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat dan Sepenuh Hati) di Sekolah dan melalui Ekstrakurikuler sekolah. Dan adapun hasil temuan dari Faktor Pendukung Dan Penghambat Strategi Moderasi Beragama iv untuk Pencegahan Sikap Intoleransi di SMK Negeri 2 Bandar Lampung, faktor pendukung seperti Izin Legalitas dari dinas, Peran kepala sekolah yang mengsuport penuh, Peningkatan kompetensi guru agama tentang moderasi dalam diklat kemenag dan Fasilitas Sekolah yang memadai. faktor penghambat seperti beberapa guru dan orang-orang mempunyai perbedaan pandangan tentang hal moderasi, kekurangan guru agama Hindu dan non muslim. Kurang disiplinnya anak murid yang sering tidak hadir tepat waktu pada saat kegiatan sekolah dan juga pembelajaran. Kata Kunci : Strategi, Moderasi Beragama, Menumbuhkan Sikap Toleransi di Sekolah v ABSTRACT In this modern era, to improve superior human resources, education is a very important aspect for humans. Forming awareness of differences will of course be very important in forming a quality generation. Schools, as formal educational institutions, have an important role in shaping students' values and attitudes. SMK Negeri 2 Bandar Lampung as a formal educational institution must play a significant role in shaping students' views about religion, tolerance and interfaith harmony. The aim of this research is to determine strategies for instilling religious moderation values to foster attitudes of tolerance and supporting and inhibiting factors at SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Descriptive qualitative research methods were used to collect narrative data from primary and secondary sources. The data collection process uses interview, observation and documentation techniques. The data was analyzed descriptively using data reduction, data display, conclusion and verification. This approach aims to provide a comprehensive picture of the Strategy for Cultivating Religious Moderation Values, supporting and inhibiting factors for Developing an Attitude of Tolerance at SMK Negeri 2 Bandar Lampung. The results of this research show that the Strategy for Cultivating Religious Moderation Values in Cultivating an Attitude of Tolerance at SMK Negeri 2 shows several strategies including through several methods, namely: through religious learning materials that contain moderation values within the scope of Tolerance, Through the School Curriculum Program in P5 activities (Strengthening Pancasila Student Profile Project), 7S Program (Smile, Greeting, Greeting, Polite, Courteous, Enthusiastic and Wholehearted) at school and through school extracurriculars. And as for the findings of the Supporting and Inhibiting Factors of the Religious Moderation Strategy for Preventing Intolerant Attitudes at SMK Negeri 2 Bandar Lampung, supporting factors such as Legality Permits from the department, the role of school principals who are fully supportive, Increasing the competence of religious teachers regarding moderation in Ministry of Religion training and School Facilities adequate. inhibiting factors such as some teachers and people having different views on moderation, a shortage of Hindu vi and non-Muslim religious teachers. Lack of discipline among students who often do not attend school activities and learning on time. Keywords: Strategy, Religious Moderation, Fostering an Attitude of Tolerance in Schools

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:02
Last Modified: 02 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

View Item View Item