PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 TULANG BAWANG BARAT

DIVO, NAURY (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DIVO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan zaman yang semakin modern terutama pada era globalisasi saat ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Dimana peneliti melihat kurangnya hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam disekolah SMPN 1 Tulang Bawang Barat. Maka dari itu perlunya penggunaan media audio-visual dalam proses belajar untuk membantu siswa lebih mudah dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di Kelas IX di Di SMPN 1 Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis metode penelitian ini adalah jenis eksperimen kuasi (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMPN 1 Tulang Bawang Barat yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana 2 kelas ini sama” dilakuan pre test dan post test. Namun hanya kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan (trearthmeant). Penelitian ini dilakukan dikelas IX B dan Kelas IX D, Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data output SPSS 25 pada uji hipotesis menggunakan Independent Sample t Test yang dilakukan pada data hasil angket motivasi belajar peserta didik menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh lebih kecil Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Dan Pendidikan Agama Islam ABSTRACT This research is motivated by developments in increasingly modern times, especially in the current era of globalization, which demands high quality human resources. Where researchers saw a lack of learning outcomes in Islamic religious education subjects at SMPN 1 Tulang Bawang Barat. Therefore, it is necessary to use audio-visual media in the learning process to help students understand the material more easily. The aim of this research is to find out how much influence the use of audio-visual learning media has on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects. This research was conducted in Class IX at SMPN 1 Tulang Bawang Barat. This research uses quantitative methods with this type of research method being a quasi-experimental type with a Nonequivalent Control Group Design which was carried out at SMPN 1 Tulang Bawang Barat which consists of 2 classes, namely the experimental class and the control class, where these 2 classes are the same. "Pre-test and post-test were carried out. However, only the experimental class received treatment (trearthmeant). This research was conducted in class IX B and Class IX D. Data collection in this research was carried out through questionnaires and documentation. Based on the results of SPSS 25 output data analysis in hypothesis testing using the Independent Sample t Test carried out on the data from the student learning motivation questionnaire, it shows a Sig (2-tailed) value of 0.000. The Sig (2-tailed) value obtained is smaller This shows that there is a significant influence on Audio Visual media on student learning outcomes in Islamic religious education subjects for class IX students at SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat. Kata Kunci : Audio Visual Media, Hasil Belajar Dan Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:44
Last Modified: 25 Apr 2024 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32977

Actions (login required)

View Item View Item