ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN PPKM TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada UMKM Sambal Alu Cabang Way Halim Di Kota Bandar Lampung)

RIDHO, AZIZI (2024) ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN PPKM TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada UMKM Sambal Alu Cabang Way Halim Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIDHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mengalami kenaikan sebesar 5,32% pada kuartal II tahun 2020 dan berdampak pada sektor UMKM ditambah lagi dengan adanya penerapan kebijakan PPKM. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa keberlangsungan dan pendapatan UMKM juga terdampak, disaat pandemi covid�19 sektor UMKM diketahui memiliki kontribusi besar bagi perekonomian seperti penyumbang PDB dan penyerapan tenaga kerja yang tinggi juga memiliki strategis dalam pemerataan pendapatan bagi masyarakat sekaligus sebagai wadah sosial ekonomi masyarakat. Salah satu UMKM yang terdampak pandemi adalah UMKM Sambal Alu Cabang Way Halim Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan kebijakan PPKM Terhadap Keberlangsungan UMKM yang ada di Kota Bandar Lampung. untuk mengetahui bagaimana Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Penerapan kebijakan PPKM Terhadap Keberlangsungan UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriftif kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staff karyawan Sambal Alu Cabang Way Halim Bandar Lampung.. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah Kebijakan PPKM Di Kota Bandar Lampung, berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan kegiatan masyarakat Level 1 Dan Mengoptimalkan posko Penanganan Covid 19 Di Tingkat Kelurahan untuk pengendalian Penyebaran Covid 19 Di Kota Bandar Lampung, bahwa pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum, yaitu warung makan/warteg, pedagang kaki lima,lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, hand sanitizer, dengan jam operasional dibatasi mulai pukul iii 07.00 WIB sampai Pukul 22.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 30% (tiga puluh persen), Saat ini kebijakan PPKM terhadap keberlangsungan UMKM dalam pandangan ekonomi syariah diperbolehkan dalam rangka mengindari dari dan menghentikan penyebaran wabah agar tidak menularkan ke berbagai wilayah yang lebih luas lagi, sehingga UMKM tetap dapat menjalankan usahanya Dalam konsep ekonomi islam rumah makan sambal alu sudah menerapkan konsep islam yaitu Maqashid Syariah. Kata Kunci: Pemberlakuan Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:34
Last Modified: 01 Apr 2024 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item View Item