MENGEMBANGKAN SENI RUPA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK GOEMERLANG SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Mawaddatul, Fadila (2024) MENGEMBANGKAN SENI RUPA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK GOEMERLANG SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FADILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan seni penting untuk dikembangkan pada anak usia dini, karena seni merupakan salah satu upaya anak dalam mengekspresikan kreativitas dan imajinasi yang ada di dalam setiap diri anak. Salah satu seni yang bisa dilakukan untuk anak usia dini dalam mengekspresikan perasaannya yaitu dengan seni lukis. Sesuai dengan fakta yang saya temukan di lapangan bahwa kemampuan seni rupa anak terlihat masih kurang berkembang, hal itu disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan terlalu monoton. Dimana saat pembelajaran berlangsung, anak bukan mengeksplor imajinasinya akan tetapi hanya fokus pada objek yang di berikan sehingga daya imajinasi anak hanya tertuju pada objek tersebut saja. Kegiatan finger painting dapat digunakan sebagai kegiatan alternatif bagi guru untuk mengembangkan seni lukis pada anak agar kegiatan bermain sambil belajar lebih menarik bagi anak. Kegiatan finger painting dapat meningkatkan perkembangan seni lukis pada anak, karena kegiatan finger painting dapat mengekspresikan kreativitas, mengembangkan motorik halus, serta dapat membuat anak menjadi senang dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan seni rupa pada anak kelas B2. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data peneliti menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian atau display data dan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi waktu. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah murid kelompok B TK Goemerlang Bandar Lampung yang berjumlah 20 anak dan seorang guru yang merupakan wali kelas tersebut. Peneliti mengambil objek penelitian mengenai penerapan fingerpainting untuk mengembangkan seni rupa anak di TK Goemerlang Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa seni rupa anak kelompok B TK Goemerlang Bandar Lampung sudah berkembang cukup baik setelah diterapkannya pembelajaran dengan kegiatan finger painting dengan persentase 15% untuk 3 anak yang iv sudah mulai berkembang (MB), 50% untuk 10 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) dan 35% untuk 7 anak yang berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil penelitian tersebut guru dapat di nilai berhasil menerapkan kegiatan finger painting dengan langkah-langkah yang sesuai. Hal ini terlihat pada beberapa langkah bermain yang peneliti cantumkan dalam lembar observasi guru dan indikator yang menjadi pedoman peneliti dalam melakukan pengamatan yaitu menggambar berbagai macam bentuk yang beragam dan melukis dengan berbagai cara dan objek yang merupakan indikator dari variabel Mengembangkan Seni Rupa Anak Usia 5-6 Tahun. Kata kunci: Seni Rupa, Finger Painting v ABSTRACT The development of art is important to be developed in early childhood, because art is one of the children's efforts in expressing the creativity and imagination that exists in each child. One of the arts that can be done for early childhood in expressing their feelings is painting. In accordance with the fact that I found in the field that children's fine art skills look still underdeveloped, it is caused by the learning method applied too monotonously. Where when learning takes place, children do not explore their imagination but only focus on the object given so that the child's imagination is only focused on the object. Finger painting activities can be used as alternative activities for teacher to develop painting in children so that play while learning activities are more interesting for children. Finger painting activities can improve the development of painting in children, because finger painting activities can express creativity, develop fine motor skills, and can make children happy in following learning. So the purpose of this study is to develop fine art in grade B2 students. The method used in this study is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques used include observation, interview, and documentation techniques. Then for data analysis techniques, researchers use 3 ways, namely data reduction, presentation or display of data and conclusions. To test the validaty of the data obtained, researchers used the time triangulation technique. The subjects of this study were 20 students of group B of Goemerlang Bandar Lampung Kindergarten and a teacher who was the homeroom teacher. The researcher took the object of research on the application of fingerpainting to develop children's art in Goemerlang Kindergarten Bandar Lampung. Based on the results of the study, the author concluded that the fine arts of group B children of Goemerlang Kindergarten Bandar Lampung have developed quite well after the implementation of learning with finger painting activities with a percentage of 15% for 3 children who have begun to develop (MB), 50% for 10 children who develop according to expectations (BSH) and 35% for 7 children who develop very well (BSB). From the results of this research, teachers can be judged to have successfully applied finger painting activities vi with appropriate steps. This can be seen in several steps of play that researchers include in teacher observation sheets and indicators that guide researchers in making observations, namely drawing a variety of diverse shapes and painting in various ways and objects which are indicators of variables Developing Fine Art for Children Aged 5-6 Years Keywords: Fine Arts, Finger Painting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:18
Last Modified: 01 Apr 2024 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32974

Actions (login required)

View Item View Item