PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELF SERVICE TECHNOLOGY TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2019)

MARWANSYAH, RAHMAT (2024) PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELF SERVICE TECHNOLOGY TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2019). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARWANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan teknologi yang begitu pesat di era globalisasi membuat masyarakat memilih melakukan kegiatan yang lebih efisein dan praktis. Perbankan menawarkan pelayanan digital melalui self service technology yang diharapkan lebih mudan, efisien dan modern. Selain dari pada kemudahan tersebut pengadaan pelayanan melalui self service technology dapat meminimalisir antrian kantir perbankan. Namun terdapat persoalan mengenai apakah pelayan yang ditawarkan tersebut sesuai dengan yang diharapkan seperti kemudahan dan efisiensi, sehingga dapat mempengaruhi kepuasan nasabah. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah automatic teller machine, mobile banking dan internet banking berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah automatic teller machine, mobile banking dan internet banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang dibagikan kepada 96 responden yaitu mahasiswa perbankan syariah angkatan 2019 yang menggunakan layanan perbankan syariah. Sedangkan metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasrkan hasil regresi automatic teller machine, mobile banking dan internet banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital perbankan syariah. Semakin baik pelayanan perbankan syariah melalui self service technology maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabah, karena dengan adanya SST membuat nasabah lebih mudah dalam melakukan transaksi perbankan secara mandiri tanpa harus pergi ke kantor bank. Kata kunci: Kepuasan Mahasiswa, Automatic Teller Machine/ ATM, Mobile Banking dan Internet Banking.ABSTRACT The rapid growth of technology in the era of globalization. This development has changed the pattern of students' digital lifestyles as a millennial generation in making online purchase or payment transactions. Similarly, students make digital services the most important part of their lives. Currently, there are also many campuses that cooperate with banks in conducting financial transactions that can make it easier for students without having to come directly to the bank. The purpose of the study is to determine the significant effect of automatic teller machine / ATM, mobile banking and internet banking on student satisfaction of users of Islamic bank digital services both partially (individually) and simultaneously (together). This research uses a quantitative approach with a quantitative type of research description. Sampling by purposive sampling technique. The data used is primary data obtained from the results of filling out questionnaires. The data collection technique used is a questionnaire. This study uses multiple linear regression analysis methods by meeting the classical assumption test. The results showed that partially automatic teller machine / ATM has a significant effect on student satisfaction using Islamic bank digital services, mobile banking has a significant effect on student satisfaction using Islamic bank digital services, and internet banking has a significant effect on student satisfaction using Islamic bank digital services. Simultaneously, automatic teller machines / ATMs, mobile banking and internet banking have a significant effect on student satisfaction using Islamic bank digital services. Keywords: Student Satisfaction, Automatic Teller Machine / ATM, Mobile Banking and Internet Banking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:44
Last Modified: 28 Mar 2024 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item