ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEDAGANG SAYUR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung)

Ilham, Fajar Ramadhan (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEDAGANG SAYUR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM FAJAR RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Suata usaha atau bisnis dalam dunia perdagangan merupakan hal yang penting dalam kehidupan karena dari perdagangan tersebut maka seseorang akan memperoleh hasil yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberhasilan dari suatu usaha yang dilakukan ditentukan dengan kemampuan seseorang dalama membangun strategi. Salah satu kegiatan perdagangan tersebut ialah kegiatan perdagangan sayuraan yang berada di Pasar Jatimulyo kecamatan Jati Agung. Banyaknya pedagang tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan pendapatan antar pedagang yang mana setiap pedagang juga mempunyai strategi pengembangan usahanya masing-masing. Strategi pengembangan yang dilakukan para pedagang tersebut bisa kita lihat dengan mengunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pedagang pasar (SWOT) untuk meningkatkan pendapatan serta pandangan ekonomi islam terhadap Strategi Pengembangan Usaha Yang Dilakukan Oleh Pedagang Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (Field Researc) serta didukung dengan penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yang di peroleh secara langsung dengan cara wawancara dan juga kuesiner pada pedagang Pasar Jatimulyo dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan data yang releva.. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian SWOT pada Pedagang Sayur pasar Jati Mulyo faktor internal streng (kekuatan) dan faktor eksternal opportunity (peluang) memiliki skor nilai 3,57 dan 3,96 yang lebih besar daripada weakness (kelemahan) dan threats (ancaman) serta berada pada kuadran 1 dimana pada kuadran ini situasi para pedaganga sayur sangat menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan yang baik. Usaha perdagangan pedagang sayur tersebut dapat terus berkembang dengan memanfaatkan faktor internal dan eksternal yang ada. Kemudian dalam islam strategi perdaganan haruslah sesuai dengan prinsip-prinsip islam. Selain itu starategi yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan juga harus memenuhi norma-norma dan nilai-nilai syariah serta tidak didapatkan dengan cara yag bathil. Kata Kunci : Analisis SWOT, Pedagang Sayuar, Pendapatan, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:58
Last Modified: 28 Mar 2024 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32951

Actions (login required)

View Item View Item