TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK (Studi Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung)

TOMY, WIJAYA (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK (Studi Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TOMY WIJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penyelenggaraan Perlindungan Anak adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung, Masyarakat, dan Orang tua yang ditunjukan untuk mencegah, mengurangi resiko, dan menangani korban tindakan kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran terhadap anak. Ketidaktertiban dalam bertindak dan melakukan sesuatu untuk kepentingan personal masih terjadi di kota Bandar Lampung yaitu menjamurnya para anak-anak di bawah umur yang melakukan kegiatan kerja di beberapa Lampu Merah Kota Bandar Lampung. Adanya tindakan pelanggaran perlindungan anak disebabkan kurangnya kesadaran dari pihak orangtua akibat banyaknya anak-anak di bawah umur yang melakukan pekerjaan di Lampu Merah Kota Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak, 2) Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak dan untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data, rekonstruksi data, dan sistematis data. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dan menggunakan metode berpikir induktif. Berdasarkan hasil analisis penelitian, Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak terlaksana dengan baik oleh iii Satpol PP kota Bandar Lampung sesuai tahapan berupa teguran lisan dan tindakan lanjut berupa pembinaan maupun sosialisasi, meskipun masih terdapat anak-anak di bawah umur yang melakukan kegiatan bekerja tanpa sepengetahuan atau sembunyi-sembunyi. Ditinjau dalam fiqh siyasah, bahwa pelaksanaan tersebut telah sesuai dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip penyelenggaran pemrintahan sebagaimana dilakukan dalam sistem ketatanegaraan Islam (Fiqh siyasah). Penyelenggaraan perlindungan anak ini dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung 02 Tahun 2016 Tentang Penyelanggaraan Perlindungan Anak juga dilaksanakan sesuai prinsip fiqh siyasah yaitu prinsip penegakan hukum untuk kemaslahatan umat. Kata Kunci: Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Peraturan Daerah, Anak di Bawah Umur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:46
Last Modified: 27 Mar 2024 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32943

Actions (login required)

View Item View Item