KAJIAN SOSIAL EKONOMI PRODUK KERIPIK GEDEBOK PISANG ASAL UMKM KHARISMA SNACK TULANG BAWANG BARAT

Aviva, Adelia Firmanti (2024) KAJIAN SOSIAL EKONOMI PRODUK KERIPIK GEDEBOK PISANG ASAL UMKM KHARISMA SNACK TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of AVIVA ADELIA F SKRIPSI 1-2 dan dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of AVIVA ADELIA F SKRIPSI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK AVIVA ADELIA FIRMANTI, 2023, KAJIAN SOSIAL EKONOMI PRODUK KERIPIK GEEBOK PISANG ASAL UMKM KHARISMA SNACK TULANG BAWANG BARAT Oleh : Aviva Adelia Firmanti Upaya pemanfaatan dari gedebok pisang menjadi sebuah olahan makanan bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat. Usaha olahan gedebok pisang ini memang masih jarang dijalankan oleh masyarakat sehingga peluang pemasaranya masih besar. Bisnis UMKM Kharisma Snack yang memproduksi keripik gedebok pisang, berpeluang mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Dengan adanya teknik marketing yang baik penjualan pun meningkat hingga 20%, yaitu dari yang awalnya 250 terjual perbulan meningkat ke angka 300 kemasan pouch terjual. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gedebok pisang bisa diolah menjadi sebuah produk makanan ringan berupa keripik yang memiliki nilai jual tinggi. Teknik marketingnya melalui media sosial dan dikirim ke mini market terdekat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa produk keripik yang bahan utamanya dari gedebok pisang, bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembakaran atau pembuangan limbah dari gedebok/pelepah yang sudah dipotong. Tidak hanya mengurangi limbah namun keripik gedebok pisang memiliki nilai jual yang tinggi. Adanya pemberdayaan masyarakat sekitar karena penyediaan lapangan kerja, dalam produksi pembuatan keripik gedebok pisang yang dilakukan UMKM Kharisma Snack. meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat hingga 30%. Kata Kunci : Tanaman Pisang,Gedebok Pisang, Pemasaran iii ABSTRACT AVIVA ADELIA FIRMANTI, 2023, SOCIO-ECONOMIC STUDY OF GEEBOK BANANA CHIPS PRODUCTS FROM UMKM KHARISMA WEST ONION BONE SNACKS By : Aviva Adelia Firmanti Efforts to utilize banana gedebok into processed food can open up business opportunities for the community. This business of processing banana gedebok is still rarely done by the public so the marketing opportunity is still large. The Kharisma Snack MSME business, which produces gedebok banana chips, has the opportunity to gain large profits. With good marketing techniques, sales increased by 20%, from initially 250 sold per month to 300 pouches sold. This research includes qualitative descriptive research. Data collection techniques were carried out using observation, interviews, documentation and data analysis techniques. The results of this research show that banana gedebok can be processed into a snack product in the form of chips which has a high selling value. The marketing technique is through social media and sent to the nearest mini market. The conclusion of this research is that chip products whose main ingredient is banana gedebok, can reduce environmental pollution due to burning or disposal of waste from cut gedebok/fronds. Not only does it reduce waste, but banana gedebok chips have a high selling value. There is empowerment of the local community due to the provision of employment opportunities, in the production of gedebok banana chips by UMKM Kharisma Snack. increase community economic income by up to 30%. Keywords: Banana Plants, Banana Gedebok, Marketing,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:07
Last Modified: 27 Mar 2024 09:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32939

Actions (login required)

View Item View Item