ANALISIS PENGARUH PERAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF ERA DIGITAL DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Marketplace Shopee dan Tokopedia)

ALIF, RIZKY PRAYOGO (2024) ANALISIS PENGARUH PERAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF ERA DIGITAL DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Marketplace Shopee dan Tokopedia). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sosial media adalah sebuah media online, dengan para penggunannya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh peran sosial media terhadap pengembangan ekonomi kreatif pada pengguna (reseller) marketplace shopee dan tokopedia? Bagaimana peran sosial media terhadap pengembangan ekonomi kreatif menurut perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh peran sosial media terhadap pengembangan ekonomi kreatif pada pengguna (reseller) marketplace shopee dan tokopedia.Serta untuk mengetahui peran sosial media terhadap pengembangan ekonomi kreatif era digital di Indonesia menurut perspektif Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel ada 96 populasi dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah reseller pengguna marketplace Shopee dan Tokopedia. Analisis data yang di gunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana yang di olah dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : peran sosial media berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan ekonomi kreatif pada pengguna (reseller) marketplace Shopee dan Tokopedia sebesar 54.1%. Dalam perspektif ekonomi Islam sosial media sebagai media promosi diperbolehkan dalam Islam asalkan tidak keluar dari koridor syariat Islam dan prinsip-prinsip ekonomi Islam seperti adanya riba, penipuan dan gharar. para pengguna (reseller) Shopee dan Tokopedia dalam memakai social media sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yaitu ketahuidan, keadilan, kebenaran atau kejujuran dan tanggung jawab atau amanah serta memiliki nilai-nilai pemasaran syariah seperti ketuhanan (Rabbaniyah), etis (Aqkhlakiyah), realistis (al-waqiyah) dan humanities (Al-Insaniyah). Kata kunci : Sosial Media, Ekonomi Kreatif, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:23
Last Modified: 27 Mar 2024 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32935

Actions (login required)

View Item View Item