ANALISIS SIYĀSAH TANFIZIYYAH SYAR’IYYAH TERHADAP PROSES PENGUSULAN RENCANA PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING MENURUT PASAL 17 AYAT 2 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 34 TAHUN 2021 TENTANG PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING (Studi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah)

ADE, IRMA SURYANI NASUTION (2024) ANALISIS SIYĀSAH TANFIZIYYAH SYAR’IYYAH TERHADAP PROSES PENGUSULAN RENCANA PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING MENURUT PASAL 17 AYAT 2 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 34 TAHUN 2021 TENTANG PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING (Studi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ADE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tenaga Kerja Asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia. Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia dubutuhkan karena mempercepat proses pembangunan nasional. Jumlah Tenaga Kerja Asing di Indonesia sekarang sudah bertambah setiap tahunnya sehingga terlihat kesenjangan antara Tenaga Kerja Lokal dengan Tenaga Kerja Asing, padahal pemerintah sendiri sudah membatasi jangka waktu penggunaan Tenaga Kerja Asing yang tertera pada Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, maka perlu adanya peran pemerintah dalam proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing sesuai peraturan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing menurut Pasal 17 ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing dan bagaimana Analisis Siyāsah Tanfiziyyah Syari’yyah terhadap proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing Pasal 17 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Proses data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian menggunakan kualitatif dan dibantu dengan menggunakan teori yang bersangkutan dengan permasalahan ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing menurut Pasal 17 Ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah belum terlaksana dengan maksimal, karena masih ada kendala dalam proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing yakni, tidak tepatnya waktu penyelesaian dokumen, permasalahan sistem website sering mengalami gangguan, Terbatasnya kuota permohonan Perizinan dalam 1 (satu) hari. Analisis Siyāsah Tanfiziyyah Syari’yyah terhadap implementasi Pasal 17 Ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah kurang maksimal dalam menjalankan amanah dimana proses pengusulan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing banyak terhambat karena tidak tepatnya waktu penyelesaian dokumen. Dimana pengusulan permohonan RPTKA ataupun perpanjangan RPTKA proses dokumen sampai dengan selesai bisa lebih dari seminggu. Kata kunci: Tenaga Kerja Asing, Peraturan Pemerintah, Siyāsah tanfiziyyah Syari’yyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:04
Last Modified: 27 Mar 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32934

Actions (login required)

View Item View Item