MANAJEMEN MUTU PROSES PENDIDIKAN DIMADRASAH ALIYAH (MA) NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT

Ade, Rahmad Kurniawan (2024) MANAJEMEN MUTU PROSES PENDIDIKAN DIMADRASAH ALIYAH (MA) NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Tesis 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Tesis Ade Rahmad Kurniawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan mutu pendididkan di madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat prestasi akademik dan non akademik di madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat, Persoalan yang terjadi bagaimana cara mempertahakan dan meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. Tujuan penelitian ini untuk menggali tentanag manajemen mutu proses pendidikan di madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini di lakukann dengan reduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa : Manajemen mtu proses pendidikan di madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat, sudah baik yaitu dilakukan pembinaan secara terus-menerus kepada peserta didik dalam menimbukan minat bakat dalam bidang akademik dan non akademik, sudah melibatakan semua warga sekolah dalam proses pembinaanya. Kepala sekolah membangun komitmen dengan cara melakukan 1) perencanaan dalam keislaman madrasah aliyah sudah berjalan dengan baik pada saat membimbing peserta didik dalam meningkatakan dan mempertahankan prestasi akademik dan non akademik. 2) pelaksanaan dalam keislaman madrasah aliyah sudah menjalakan nilai-nilai keislam pada saat melakukan seleksi kepada peserta didik dalam proses pembinanan minat dan bakat. 3) penilaian dalam keislaman madrasah aliyah telah melakukan perbaikan�perbaikan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. 4) tidak lanjut dalam aspek kislaman madrasah aliyah telah melakukan perbaikan kepada peserta didik secara pemantuan,supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. Penelitian ini merekomendasikan untuk Madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat untuk peserta didik dalam mempertahankan prestasi akademik dan non akademik, bagi lembaga penelitian ini menjadi masukan kepada guru dan kepala madrasah untuk meningkatkan cooperation, commitment, competence dan consintency sebagai icon peserta didik, Bagi Yayasan, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan refleksi, evaluasi dan pengembangan guru dan lembaga-lembaga dibawah naungannya ke arah yang lebih baik. Kata kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian, Evaluasi/Tindak Lanjut v ABSTRACT The background of this research is how to improve the quality of education at Madrasah Aliyah Nurul Iman, Sekincau, West Lampung, academic and non�academic achievements at Madrasah Aliyah Nurul Iman, Sekincau, West Lampung. The problem that arises is how to maintain and improve academic and non�academic achievements. The aim of this research is to explore the quality management of the educational process at Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekincau, West Lampung. This research uses a qualitative descriptive approach. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation methods. Analysis of the data used in this research was carried out by data reduction, after which it was presented in the form of descriptions and verified by drawing conclusions. The results of this research show that: The quality management of the educational process at Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekincau, West Lampung, is good, namely continuous guidance is provided to students in developing talent interests in academic and non-academic fields, involving all school members in the development process. . The school principal builds commitment by carrying out 1) planning in Islamic madrasah aliyah which is running well when guiding students in improving and maintaining academic and non-academic achievements. 2) Islamic values in Madrasah Aliyah are implemented when selecting students in the process of developing interests and talents. 3) assessment in Islamic Madrasah Aliyah has made improvements in increasing academic and non-academic achievements. 4) further in the Islamic aspect, Madrasah Aliyah has made improvements to students in the form of monitoring, supervision, evaluation, reporting and follow-up in improving academic and non-academic achievements. This research recommends for Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekincau West Lampung for students in maintaining academic and non-academic achievements, for this research institution it becomes input for teachers and heads of madrasas to increase cooperation, commitment, competence and consistency as student icons. For the Foundation, This research can be used as a reference for reflection, evaluation and development of teachers and institutions under their auspices in a better direction Keywords: Planning, Implementation, Assessment, Evaluation/Follow-up vi خالصة خلفي ة هذا البح ث ه اهامتم الطالب بتحس ي ا إلجنازا ت اكدميي ة أ ال وغري اكدميي ة ال ف املدرسة العالي ة نورول إاميا ن أ مت ي بتحس ي التحصي ل ف اجملالت اكدميي ة مله س يكيناك و غرب لمبوجن ، وعدد الطالب ا أ ال وغري اكدميي ة أ ال من خالل التدري ب اذلي تقوم به طاق التدري س كب ري ميية تعل جدا .الهد ف من هذا البح ث هو اس تكشا ف إادار ة جودة العملية ل ا ف املدرسة العالي ة نور ا إلميا ن س يكيناكو ، غرب لمبوجن .يس تخد م هذا البح ث املهنج الوصفي النوع ي .ت مجع البياان ت ابس تخدا م أأسالي ب املقابالت واملالحظة والتوثيق .ت حتلي ل البياان ت املس تخدم ة ف هذا البح ث عن طريق تقليل .البياانت ، وبعد ذل ت تقدميه ا ف شك أأوصا ف والتحقق مهنا من خالل اس تخال ص النتا ئ تظه ر نتا ئ هذا البح ث أأن :إادار ة جودة العملية ميية ، ا ف املدرسة العليا نور ا إلميا ن س يكيناكو ، غرب لمبو جن لتعل مت ر للطالب ف تطوير اهامتمات امل واهب ف اجملالت اكدميي ة ملس جيدة ، أأ ي يت توفري التوجي ه ا أ ال وغري اكدميية ، أ ال مبا ف ذل مجي ع املدارس أأعضا ء ف معلي ة التطوير ..يب ن مدير املدرسة الالزتام من خالل التخطي ط والتنفيذ والتقي ي واملتابع ة أأثنا ء معلي ة التعمل لتحس ي إاجنازا ت الطالب واحلفاظ علهيا ف اجملالت اكدميي ة أ ال وغري اكدمي أ ال ية .تبذ ل إادار ة جودة العملية ميية لتعل . ا دامئ ا هجو د ا إابداعي ة ف تدريب الطالب عل حتس ي إاجنازاهتم اللكامت املفتاحي ة :التخطيط ، التنفيذ ، التقيي ، التقيي/املتابع

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:58
Last Modified: 27 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32933

Actions (login required)

View Item View Item