IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN DAERAH PROVINSI BANTEN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PERLINDUNGAN PENYANDANG DISABILITAS DALAM PERSPEKTIF SIYA>SAH TANFIZ|IYYAH (Studi Pada Dinas Sosial Provinsi Banten)

NURI, APRILIANI FUTRI (2024) IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN DAERAH PROVINSI BANTEN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PERLINDUNGAN PENYANDANG DISABILITAS DALAM PERSPEKTIF SIYA>SAH TANFIZ|IYYAH (Studi Pada Dinas Sosial Provinsi Banten). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NURI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak, yang oleh pemerintah dan negara dijamain segala hak-haknya. Jaminan mengenai hak-hak masyarakat penyandang disabilitas terdapat baik dalam Undang-undang maupun Peraturan Daerah. Jumlah penyandang disabilitas yang tidak sedikit tentu saja harus mendapat perhatian seksama dari pemerintah agar pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas terlaksana dengan baik dan tanpa diskriminasi. Namun demikian, realita di lapangan masih banyak masyarakat penyandang disabilitas yang sudah memasuki usia kerja belum mendapatkan perkerjaan dikarenakan kurangnya pelatihan kerja yang dilakukan pemerintah. Rumusan masalah yang akan diteliti, yaitu: bagaimana implementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas di Provinsi Banten? dan bagaimana tinjauan siya>sah tanfiz|iyyah terhadap implementasi Pasal 7 Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas di Provinsi Banten?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menggali informasi untuk mendapatkan data langsung dari lapangan penelitian, bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer yang didapat melalui wawancara, dokumentasi, referensi sumber-sumber hukum islam serta perundang-undangan. Data-data yang didapat kemudian sebagai rujukan untuk selanjutnya dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas dapat dinyatakan sudah terimplementasi. Namun beberapa program belum terimplementasikan dengan maksimal. Bursa kerja dan hubungan industrial belum berjalan, adapun pelatihan keterampilan sudah terlaksana namun belum terimplementasi secara menyeluruh di setiap Kabupaten/Kota. Sehingga tinjauan Fiqh Siya>sah terhadap implementasidari Pasal 7 Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas belum sesuai dengan Siya>sah Tanfiz|iyyah yang amanah, adil dan bertanggung jawab. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum mendapatkan pelatihan dan belum terlaksananya bursa kerja dan hubungan industrial. Kata Kunci : Penyandang Disabilitas, Peraturan Daerah, Siya>sah Tanfi|ziyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:58
Last Modified: 27 Mar 2024 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32925

Actions (login required)

View Item View Item