TINJAUAN FIQIH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 30 PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 8 TAHUN 2020 TENTANG PENGEMBANGAN KOTA LAYAK ANAK DI SMPN 14 BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung)

Krisnina, Maharani Wijaya (2024) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 30 PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 8 TAHUN 2020 TENTANG PENGEMBANGAN KOTA LAYAK ANAK DI SMPN 14 BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of KRISNINA MAHARANI WIJAYA (2021020426).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Program Sekolah Ramah Anak merupakan lembaga pendidikan yang dikondisikan sebagai tempat yang aman, nyaman, menyenangkan bagi anak dengan memastikan terpenuhi hak-hak anak. Implementasi Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu indikator capaian KLA sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di bidang pendidikan. SMPN 14 Bandar Lampung adalah sekolah yang telah menerapkan program Sekolah Ramah Anak ini. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi dari Pasal 30 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak di SMPN 14 Bandar Lampung?. (2) Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap implementasi Pasal 30 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pasal 30 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak tersebut di SMPN 14 Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap implementasi Pasal 30 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak di SMPN 14 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai objek penelitian secara sistematis, faktual dan akurat. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dilakukan melalui tahap editing dan sistemazing, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi Pasal 30 Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak Di Kota Bandar Lampung melalui Sekolah Ramah Anak di SMPN 14 Bandar Lampung telah diterapkan dengan memenuhi indikator SRA. Dalam penyelenggaraannya kurikulum yang digunakan di SMPN 14 Bandar Lampung sesuai dengan perkembangan anak. Pendidik dan tenaga pendidik mempunyai tindakan dan kepedulian terhadap siswa. Sarana dan prasarana untuk menuju SRA. Partisipasi anak yang mana guru selalu melibatkan segala kegiatan. Partisipasi orang tua dijadikan suatu hal pendukung dalam melaksanakan program SRA. Namun, dalam pelaksanaanya terdapat hambatan yang ditemukan yakni terbatasnya anggaran sekolah dan jumlah guru serta padatnya aktivitas guru dalam memenuhi kebutuhan anak yang sesuai standar SRA. Tinjauan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap implementasi Pasal 30 Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak Di Kota Bandar Lampung sudah memenuhi prinsip-prinsip Fiqh Siyasah Tanfidziyah, sebagaimana tujuan dari pengembangan KLA ini merupakan menjamin pemenuhan hak anak dan mengembangkan sumber daya manusia sehingga dapat tercapai kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:39
Last Modified: 27 Mar 2024 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32923

Actions (login required)

View Item View Item