PENGARUH E-COMMERCE SHOPEE TERDAPAT IMPULSE BUYING PADA BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ASMAUL, HUSNA (2024) PENGARUH E-COMMERCE SHOPEE TERDAPAT IMPULSE BUYING PADA BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ASMAUL HUSNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Impulse buying pada belanja online merupakan pengalaman para pelanggan dalam jual beli atau belanja melalui suatu situ atau biasa disebut belanja online. Berdasarkan hasil survey penelitian di kampus UIN Raden Intan Lampung khususnya anak ekonomi tidak menggunakan situs belanja online dikarenakan takutnya penipuan. Hal tersebut salah satu penyebab kurangnya pemahaman tentang situs belanja online yang digunakan, sehingga diperlukan situs belanja online tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh E-commerce terhadap impulse buying pada belanja online menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh seluruh mahasiswa angkatan 2018 ekonomi syariah, sampel penelitian ini adalah 100 responden mahasiswa angkatan 2018 ekonomi syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi e-commerce shopee dan impulse buying. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov dan uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas dan uji analisis regresi linier. Pengujian hipotesis menggunakan uji T, Uji F dan uji R2 dengan taraf signifikansi 1%. Hasil data analisis dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1). Terdapat Pengaruh E-commerce shopee terhadap impulse buying pada belanja Online (2). Terdapat pengaruh presentasi % e-commerce shopee terhadap perilaku impulse buying mahasiswa FEBI Kata kunci :E-Commerce, Shopee, Impulse Buying, & Belanja Online. ABSTRACT PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Oleh Asmaul Husna Impulse buying on online shopping is the experience of customers in buying and selling or shopping through a site or commonly called online shopping. Based on the results of a research survey at the UIN Raden Intan Lampung campus, especially economic children, they do not use online shopping sites because they are afraid of fraud. This is one of the causes of a lack of understanding of the online shopping sites used, so that online shopping sites are needed. The purpose of this study was to find out whether there is an effect of E-commerce on impulse buying in online shopping according to an Islamic economic perspective. The sampling technique used purposive sampling. Data collection uses e-commerce shopee and impulse buying questionnaires. The prerequisite tests are the normality test with the Kolmogorov-Smirnov test and the multicollinearity test, the heteroscedasticity test and the linear regression analysis test. Hypothesis testing uses the T test, F test and R2 test with a significance level of 1%. The results of data analysis in this study obtained conclusions (1). There is an influence of E-commerce shopee on impulse buying in online shopping (2). There is an effect of % e�commerce shopee presentation on the impulse buying behavior of FEBI students Keywords: E-Commerce, Shopee, Impulse Buying, & Online Shopping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:33
Last Modified: 27 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32922

Actions (login required)

View Item View Item