MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA PADANG RINDU KECAMATAN PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT

Emirjon, Almasat (2024) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA PADANG RINDU KECAMATAN PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Emirjon Almasat.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan unit kerja kementrian Departemen Agama yang melaksanakan tugas pemerintah di bagian bidang agama yang berhubungan dengan melayani masyarakat salah satunya dalam pelayanan Kursus Pengantin.Maju mundurnya Kementerian Agama Republik Indonesia ditentukan oleh maju mundurnya Kantor Urusan Agama di Wilayah Kecamatan, KUA merupakan Line terdepan di Kementerian Agama, karena KUA secara langsung berhadapan dengan masyarakat. Pelayanan di dalam sebuah Kantor Urusan Agama memiliki peran yang sangat penting, keberhasilan dalam kantor urusan agama tergantung dalam manjemen pelayanannya itu sendiri dalam menangani masalah-masalah penyelengaraan program pelayanan Kursus calon pengantin dalam penelitian ini peneliti focus untuk mengetahui tentang Bagaimana Manajemen Pelayanan di Kantor Urusan agama Padang Rindu kecamatan Pesisir utara. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang akan digunakan untuk meneliti pada saat kondisi objek ilmiah (natural). Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu lapangan (field Research) yaitu suatu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Manajemen pelayanan sudah berjalan dengan baik dan telah menerapkan pola manajemen yang baik terutama dalam pelayanan pernikahan walaupun belum secara maksimal mengingat masih ada hal-hal dan faktor yang mesti dan harus di perbaiki. Fungsi manajemen yang dipakai mulai dari planning atau perencanaan, organizing atau pengorganisasian , actuating ataupun actualisasi di lapangan dan pengawasan atau kontrolling. Sehingga pelayanan pernikahan yang telah diberikan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kata Kunci: manajemen pelayanan, kantor urusan agama, fungsi manajemen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:53
Last Modified: 25 Mar 2024 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32908

Actions (login required)

View Item View Item