TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN KREDIT USAHA MIKRO (Studi Pada Perum Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan, Way Halim Kota Bandar Lampung)

Al'Machddy, Ali Rachmap (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN KREDIT USAHA MIKRO (Studi Pada Perum Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan, Way Halim Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of 135 new.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of unesco Al'Machddy_1721030101 (fix) new.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pegadaian Syariah merupakan lembaga keuangan yang diminati oleh masyarakat dikarenakan proses cepat dan syarat-syarat yang diperlukan cukup mudah. Salah satu program yang diminati ialah Kridit usaha mikro yaitu program yang bisa membantu modal usaha menengah kebawah, maka dari itu penulis tergugah untuk untuk melakukan kajian ilmiah terhadap pelaksanaa kredit usaha mikro, khususnya tinjauan terhadap 'aqad / transaksi, pemberlakuan sewa modal, serta langkah pihak Pegadaian dalam menghadapi permasalahan yang muncul kemudian. Tiga pokok hukum Mu'amalah itulah yang akan diteliti untuk kemudian dituangkan dalam karya ilmiah ini. Jawaban atas segala kegelisahan penulis ini diharapkan bisa menjawab dan menjelaskan permasalahan di atas, sehingga kaum muslimin khususnya bisa menyikapi program ini dengan pengetahuan yang benar. Berdasarkan uraian latar belakang di atas agar penelitian ini lebih terfokus dan terarah, maka penulis merumuskan pokok permasalahan yaitu Bagaimana pelaksanaan kredit usaha mikro di Perum Pegadaian Syariah cabang Raden Intan, Way Halim Bandar Lampung dan pelaksanaan kredit usaha mikro di Perum Pegadaian Syariah cabang Raden Intan, Way Halim Bandar Lampung menurut hukum Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah : Menggambarkan pelaksanaan kredit usaha mikro di Perum Pegadaian Syariah cabang Raden Intan, Way Halim Bandar Lampung dan Mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap pelaksanaan kredit usaha mikro di Perum Pegadaian cabang Syariah Raden Intan, Way Halim Bandar Lampung. Adapun metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode kualitatif, feild research yang bersifat deskriptif analisis serta data primer yang didapat dari wawancara kepada pegawai Perum Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Way Halim Bandar Lampung serta sejumlah nasabah yang akan atau sudah memakai jasa pembiayaan Kredit Usaha Mikro di Perum Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Way Halim Bandar Lampung, sedangkan data sekunder iv didapat dari hasil penelaahan serta buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa dapat di gambarkan pelaksanaan pembiayaan mikro di lembaga keuangan syariah pada pegadaian syariah cabang Way Halim Bandar Lampung ini memberikan pembiayaan kepada nasabah untuk membantu para pengusaha kecil memperoleh modal usaha dengan jaminan surat surat penting seperti surat tanah dan kendaraan untuk terhidar dari kredit leasing yang menggunakan sistem bunga bersifat riba. Dan dapat kita ketahui dalam tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan kridit pembiayaan yang diberikan oleh Perum Pegadaian syariah cabang Raden Intan Way Halim ini diperbolehkan, karena Mekanisme dari segi akad, adanya sewa modal, dan penyelesaiannya sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Kata Kunci : Kredit Usaha Mikro, Hukum Islam, Mikro BUGHII7YGIY76G

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:31
Last Modified: 25 Mar 2024 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32905

Actions (login required)

View Item View Item