TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG KEBERSIHAN DAN KE INDAHAN (Studi di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat )

M Rafli, Zikr (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG KEBERSIHAN DAN KE INDAHAN (Studi di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RAFLI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya debu, sampah dan bau. Berdasarkan Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Kebersihan dan Keindahan, dijelaskan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan kebersihan meliputi kebersihan lingkungan rumah; kebersihan fasilitas umum; kebersihan fasilitas sosial;dan kebersihan sungai, pantai dan laut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang kebersihan dan keindahan di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang kebersihan dan keindahan di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupate Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Kebersihan di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat dan untuk mengetahui pandangan Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Kebersihan dan Keindahan di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) artinya suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis, teratur, dan mendalam dengan mengangkat data atau fakta-fakta yang ada di lapangan khususnya di Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Kebersihan dan Keindahan di sungai Way Tuwok Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat belum terlaksana secara maksimal Lurah juga telah melaksanakan dan menerapkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat nomor 6 tahun 2020 Melalui Pemeliharaan Kebersihan dan keindahan dengan baik yang mana sesuai dengan tugas pokok Lurah Kelurahan Pasar yang diatur Melalui Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat ialah untuk memelihara kebersihan dan keindahan sungai, pantai dan laut yang berada di kelurahan pasar krui. Dalam Pandangan Fiqh Siyasah implementasi Pasal 6 Peraturan daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 tahun 2020 memlalui Lurah Kelurahan Pasar Krui iii telah berjalan baik dan tidak ada yang melanggar kaidah hukum Islam maupun fiqh siyasah namun Masyarakat harus diberi sanksi untuk perilaku yang tidak dianjurkan dengan membuang sampah di irigasi atau sungai, Lurah Kelurahan Pasar Krui Kabupaten Pesisir Barat juga telah melaksanakan tugas nya dan sesuai dengan Fiqh siyasah Tanfidziyah. Kata Kunci: Peraturan Daerah, Kebersihan,Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:20
Last Modified: 25 Mar 2024 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32903

Actions (login required)

View Item View Item