PERILAKU CYBERBULLYING: SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU PADA REMAJA GEN Z

SRIDATIN, TIA MAHARANI PERILAKU CYBERBULLYING: SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU PADA REMAJA GEN Z. JURNAL PSIKOLOGI MALAHAYATI.

[thumbnail of FIKS ARTIKEL DATIN SIAP CETAK .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Cyberbullying adalah sebuah kejahatan yang dilakukan kepada orang lain dengan cara mengirimkan hal yang bersifat merugi atau serangan dengan menggunakan teknologi digital atau internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas cyberbullying remaja Gen Z dengan sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Accidental sampling digunakan dalam proses pengumpulan data, dengan jumlah sampel 220 peserta. Remaja gen Z, berusia 18 hingga 21 tahun, yang merupakan pengguna media sosial yang rajin, memenuhi kriteria tersebut. Hasil hipotesis mendapatkan hasil bahwa koefisien korelasi positif (r) 0,595 dengan F 39,562 dan tingkat signifikansi 0,001 (p<0,01) yang berarti bahwa hipotesis diterima. Ada hubungan antara perilaku cyberbullying dengan sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku pada remaja gen Z. Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya perhatian dan edukasi khusus untuk para remaja gen Z agar dapat bersikap baik dan bijak, dapat mengontrol perilaku terkait perilaku cyberbullying, sehingga dapat mengurangi tingkat perilaku cyberbullying yang ada. Kata Kunci: Perilaku Cyberbullying, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku.the data collection process, with a sample size of 220 participants. Gen Z teenagers, aged 18 to 21 years, who are avid social media users, meet these criteria. The results of the hypothesis show that the positive correlation coefficient (r) is 0.595 with F 39.562 and a significance level of 0.001 (p<0.01), which means that the hypothesis is accepted. There is a relationship between cyberbullying behavior and attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control in Gen Z teenagers. The implication of this research is that there needs to be special attention and education for Gen Z teenagers so that they can behave kindly and wisely, can control behavior related to cyberbullying behavior, so that it can reduce the level of existing cyberbullying behavior. Keywords: Cyberbullying Behavior, Attitudes, Subjective Norms, Perceived Behavior Control.

Item Type: Article
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:14
Last Modified: 25 Mar 2024 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32898

Actions (login required)

View Item View Item