ANALISIS PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL GIFTED AND TALENTED CHILDREN PADA ANAK USIA DINI

Yona, Yusinta (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL GIFTED AND TALENTED CHILDREN PADA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gifted and Talented Children mengacu pada individu yang menunjukkan potensi atau kecakapan yang luar biasa di atas rata-rata dalam berbagai bidang seperti kecerdasan intelektual, kreativitas, seni, kepemimpinan, atau prestasi akademis. Gifted and talented juga merupakan individu yang terbilang unik, salah satu keunikannya terdapat pada sosial emosionalnya. Sosial emosional anak-anak berbakat dan berprestasi tinggi (gifted and talented children) mencakup berbagai aspek yang terkait dengan kehidupan sosial dan keadaan emosional mereka. Kecerdasan emosional diartikan sebagai kesadaran diri, pengendalian impuls, ketekunan dalam menghadapi kesulitan, empati, dan kompetensi sosial. Ia mengaitkan kesuksesan anak-anak yang dikaruniai kemampuan tinggi serta kecerdasan sosial yang tinggi. Anak - anak yang berbakat cenderung mempunyai pikiran yang bertanya-tanya dan mungkin tidak selalu menerima penjelasan guru. Mereka juga mungkin membuat orang tua atau guru kewalahan karena tidak yakin dengan kemampuan mereka sendiri. Maka diperlukan penanganan khusus untuk dapat mengembangkan sosial emosional yang dimiliki oleh gifted and talented children. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis cara pengembangan sosial emosional gifted talented children. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif (Bibliometrik) serta Systematic Literature Review (SLR). Model Interaktif Analisis Milles & Hubberman dengan Perangkat Lunak NVIVO 12.0 digunakan sebagai cara untuk menganalisis data, data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 42 artikel bereputasi internasional dan nasional serta 3 buku akademik. Hasil penelitian ini (1). Lingkungan keluarga, dan (2). Lingkungan sekolah. Kata Kunci: Anak berbakat dan berbakat, Perkembangan Sosial Emosional pada anak prasekolah, perkembangan sosial emosional di tk iv ABSTRACT Gifted and Talented Children refer to individuals who show extraordinary above average potential or skills in various fields such as intellectual intelligence, creativity, art, leadership, or academic achievement. Gifted and talented are also unique individuals, one of their unique qualities is their social and emotional nature. The social emotionality of gifted and talented children includes various aspects related to their social life and emotional state. Emotional intelligence is defined as self-awareness, impulse control, persistence in facing difficulties, empathy, and social competence. He attributes the success of children who are blessed with high abilities and high social intelligence. Gifted children tend to have questioning minds and may not always accept teacher explanations. They may also overwhelm parents or teachers because they are unsure of their own abilities. So special treatment is needed to be able to develop the social emotions of gifted and talented children. Therefore, the aim of this research is to analyze the social emotional development of gifted children. The research method used is qualitative (Bibliometric) and Systematic Literature Review (SLR). The Milles & Hubberman Interactive Analysis Model with NVIVO 12.0 Software was used as a way to analyze the data. The data used in this research included 42 articles of international and national reputation as well as 3 academic books. The results of this research (1). Family environment, and (2). School environment. Keywords: Gifted and Talented Children, Social Emotional Development in Preschool Children, Social Emotional Development in Kindergarten

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:56
Last Modified: 25 Mar 2024 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32896

Actions (login required)

View Item View Item